Bola Internasional

Warisan Maradona: Napoli Raih Scudetto, Argentina Juara Piala Dunia

Jumat, 5 Mei 2023 11:49 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Jennifer Lorenzini
Selebrasi para pemain Napoli usai Victor Osimhen mencetak gol ke gawang Udinese (05/05/23). (Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini) Copyright: © REUTERS/Jennifer Lorenzini
Selebrasi para pemain Napoli usai Victor Osimhen mencetak gol ke gawang Udinese (05/05/23). (Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini)

INDOSPORT.COM – Napoli resmi meraih Scudetto pertama mereka sejak tahun 1987. Lima bulan sebelumnya Argentina juara Piala Dunia 2022, buah dari warisan Diego Armando Maradona?

Partenopei sukses meraih gelar juara Serie A Italia 2022-23 setelah bermain imbang melawan Udinese dengan skor 1-1 dalam Giornata ke-33, Jumat (05/05/23) dini hari tadi.

Tim besutan Luciano Spalletti ini tampil dengan kekuatan penuh. Mereka masih mengandalkan Victor Osimhen dan Khvica Kvaratskhelia di lini depan yang membuat kekuatan lini serang Partenopei kerap menjadi momok bagi tim lawan.

Napoli sempat tertinggal lebih dulu saat laga memasuki menit ke-13 melalui gol gelandang Udinese, Sandi Loric.

Di babak kedua, mereka mampu menyamakan kedudukan melalui Osimhen di menit ke-52. Gol dari pemain asal Nigeria itu sekaligus menjadi penutup di pertandingan ini yang juga membuat Napoli dipastikan menjadi Kampiun Italia tahun 2023.

Torehan 80 poin yang diraih oleh Napoli memantapkan mereka di puncak klasemen Serie A Italia.

Dengan menyisakan lima laga lagi, poin ini sudah tak mampu lagi dikejar oleh pesaing terdekat mereka, Lazio yang menyimpan 64 poin.

© REUTERS/Jennifer Lorenzini
Victor Osimhen mencetak gol ke gawang Udinese sekaligus penentu gelar juara Napoli (05/05/23). (Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini) Copyright: REUTERS/Jennifer LorenziniVictor Osimhen mencetak gol ke gawang Udinese sekaligus penentu gelar juara Napoli (05/05/23). (Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Napoli di musim 2022-23 ini memang tampil sangat superior dan konsisten. Mereka tak pernah terlepas dari posisi empat besar sejak awal musim.

Di pekan keempat, Napoli menempati urutan keempat di klasemen sementara, kemudian pekan kelima naik ke posisi kedua dan pekan keenam hingga akhir musim, tim yang bermarkas di Diego Maradona Stadium ini tak tergoyahkan di puncak klasemen.

Bisa dikatakan, perjuangan para pemain Napoli yang tinggi ini berasal dari semangat yang diwariskan oleh legenda mereka, Diego Armando Maradona yang meninggal pada 25 November 2020 lalu.

Tak hanya Napoli, warisan semangat juara yang sama juga dirasakan oleh Negara kelahiran Maradona, yakni Argentina yang menjadi juara Piala Dunia 2022.