In-depth

3 Pemain Timnas U-22 yang Bersinar Selama SEA Games 2023

Kamis, 11 Mei 2023 12:44 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Heru Firmansyah/INDOSPORT
Ada tiga pemain Timnas Indonesia U-22 yang mampu tampil paling bersinar selama gelaran cabor sepak bola putra SEA Games 2023 di Kamboja. Copyright: © Heru Firmansyah/INDOSPORT
Ada tiga pemain Timnas Indonesia U-22 yang mampu tampil paling bersinar selama gelaran cabor sepak bola putra SEA Games 2023 di Kamboja.

INDOSPORT.COM - Ada tiga pemain Timnas Indonesia U-22 yang mampu tampil paling bersinar selama gelaran cabor sepak bola putra SEA Games 2023 di Kamboja.

Seperti diketahui, saat ini Timnas Indonesia U-22 sudah memastikan satu tiket ke semifinal SEA Games 2023, seusai mendulang tiga kemenangan beruntun di Grup A.

Marselino Ferdinan dkk kini memuncaki klasemen Grup A dengan mengoleksi sembilan poin. Mereka memulai laga perdana dengan kemenangan telak 3-0 atas Filipina.

Kemudian di laga kedua SEA Games 2023, pasukan Indra Sjafri menggilas Myanmar dengan skor lima gol tanpa balas alias 5-0.

Di pertandingan ketiga, skuat Garuda Muda kembali menggila. Ramadhan Sananta cs sukses meraih kemenangan dengan skor 3-0 atas Timor Leste.

Kondisi ini membuat Timnas Indonesia U-22 dipastikan lolos ke semifinal SEA Games 2023, meskipun masih menyisakan satu laga di fase Grup A.

Di pertandingan pamungkas Grup A, skuat Garuda Muda akan ditantang oleh tuan rumah Kamboja. Duel ini akan tersaji di di Olympic Stadium, Phnom Penh pada Rabu (10/05/23) pukul 19.00 WIB.

Sementara itu, INDOSPORT telah menganalisa ada setidaknya tiga pemain Timnas Indonesia U-22 yang mampu tampil gemilang selama tiga laga terakhir.

Ketiga pemain Timnas Indonesia U-22 ini merupakan pilar penting yang mampu membuat Garuda Muda selalu menang telak tanpa kebobolan. Siapa saja mereka?

1. Fajar Fathur Rahman

Pemain pertama ada Fajar Fathur Rahman. Pemain muda milik klub Liga 1, Borneo FC tersebut kini menjadi pemuncak daftar top skor SEA Games 2023.

Di Borneo FC, Fajar Fathur Rahman sebenarnya merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan. Namun di SEA Games 2023, ia dipermak oeh Indra Sjafri menjadi penyerang sayap.

Meski posisi dirubah, Fajar Fathur Rahman tetap bertanggung jawab dan menjawab kepercayaan Indra Sjafri.

Ia sukses mengemas empat gol di SEA Games 2023, dan memuncaki daftar top skor bersama penyerang Vietnam, Nguyen Van Tung.

Fajar Fathur Rahman mencetak masing-masing satu gol saat Timnas Indonesia U-22 bersua Filipina dan Myanmar. Kemudian ia mencetak dua gol saat Garuda Muda menantang Timor Leste.

2. Ramadhan Sananta

Sempat "mandul" di laga perdana Grup A SEA Games 2023 saat Timnas Indonesia U-22 bersua Filipina, Ramadhan Sananta kemudian bangkit.

Dalam duel melawan Myanmar, Ramadhan Sananta sukses membuktikan kualitasnya sebagai striker masa depan Indonesia dengan mencetak brace.

Kemudian saat Timnas Indonesia U-22 bersua Timor Leste beberapa hari lalu, Ramadhan Sananta kembali membuat fans bangga. Ia berhasil menyumbang satu gol dan membawa pasukan Indra Sjafri menang 3-0 aatas Timor Leste.

Ramadhan Sananta memang dianggap sebagai striker masa depan Timnas Indonesia. Ia baru masuk ke Skuat Garuda pada 22 September 2022 lalu berkat penampilan hebatnya bersama PSM Makassar di Liga 1 2022-2023.

Saat itu, ia langsung menembus Timnas Indonesia senior meski baru berusia 19 tahun. Debut pertamanya berseragam Garuda saat FIFA Matchday menghadapi Curacao.

3. Marselino Ferdinan

Yang terakhir ada Marselino Ferdinan, di mana dirinya merupakan pemain termuda di Timnas Indonesia U-22 untuk ajang SEA Games 2023.

Saat ini Marselino Ferdinan masih berusia 18 tahun lebih delapan bulan. Meski begitu, dirinya sudah memiliki peran vital dalam skuat Garuda Muda.

Bahkan Indra Sjafri tidak ragu memasangnya sebagai starter dalam tiga pertandingan terakhir Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Marselino Ferdinan menjawab kepercayaan Indra Sjafri dengan menjadi pemecah kebuntuan Timnas Indonesia U-22 pada dua laga awal melawan Filipina dan Myanmar.

Marselino Ferdinan tercatat telah mencatatkan 86 passing sukses dan dua gol dalam tiga penampilan di SEA Games 2023.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DI SINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan SEA GAMES 2023 dan Ayo Semangat Lagi bareng Indomie!