Liga Spanyol

Juarai Liga Spanyol Sekaligus Gilas Rival Sekota, Barcelona Panen Rekor di Markas Espanyol

Senin, 15 Mei 2023 06:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Albert Gea
Barcelona memenangi perebutan gelar Liga Spanyol (La Liga) 2022/2023 dengan cara yang begitu memuaskan untuk mereka. (Foto: REUTERS/Albert Gea) Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Barcelona memenangi perebutan gelar Liga Spanyol (La Liga) 2022/2023 dengan cara yang begitu memuaskan untuk mereka. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Barcelona memenangi perebutan gelar Liga Spanyol (La Liga) 2022/2023 dengan cara yang begitu memuaskan untuk mereka.

Selain mengungguli Real Madrid yang harus berbesar hati dudu di posisi kedua klasemen sementara, kepastian menjadi kampiun juga mereka dapatkan dengan mengalahkan rival lain yakni Espanyol.

Pada Senin (15/05/23) dini hari WIB Barcelona menyambangi markas Espanyol di Estadio Cornella El Prat.

Pasukan asuhan Xavi Hernandez tersebut memang hanya butuh tuga poin untuk mengunci gelar Liga Spanyol ke-27 sepanjang sejarah mereka dan kesempatan itu tidak disia-siakan.

Tidak tanggung-tanggung, kemenangan telak 2-4 Barcelona peroleh. Selain trofi untuk dibawa pulang, Los Cules pun sekaligus mengukir sejumlah rekor.

Di babak pertama keunggulan 0-3 sudah mereka peroleh berkat gol dari Alejandro Balde dan brace Robert Lewandowski.

Gol pertama Lewandowski adalah gol ke-20 sang bomber Polandia di ajang Liga Spanyol. Opta mencatat jika ia adalah pemain ketiga tercepat yang mampu mencetak 20 gol di kasta tertinggi negeri matador dengan hanya memperlukan 30 pertandingan saja.

Rekor tercepat masih dipegang oleh legenda Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang hanya membutuhkan 24 partai saja di musim 2009/2010. Yang kedua adalah Radamel Falcao, eks Atletico Madrid yang juga menjalani musim debut brilian pada 2011/2012 silam.

Tidak hanya Lewandowski yang bikin catatan unik karena Balde pun demikian. Data dari Opta juga menunjukkan jika sang fullback di usia 19 tahun adalah pemain termuda yang mampu mengemas assist maupun gol dalam sebuah partai derby Catalonia, Espanyol vs Barcelona.

Musim ini Balde memang menjalani musim yang luar biasa. Total 30 partai ia mainkan di ajang Liga Spanyol saja dengan torehan satu gol dan enam assist.