Liga Indonesia

Tatap Final SEA Games 2023, Indra Sjafri Sudah Kantongi Kelemahan Thailand

Senin, 15 Mei 2023 17:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Dok. CdM Indonesia SG 2023
Laga antara Timnas Indonesia vs Vietnam pada babak semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Sabtu (13/05/23). Copyright: © Dok. CdM Indonesia SG 2023
Laga antara Timnas Indonesia vs Vietnam pada babak semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Sabtu (13/05/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, telah mematangkan persiapan final SEA Games 2023 kontra Thailand, Selasa (16/5/23). Dia sudah menganalisa kekuatan dan kelemahan lawan yang bisa dimanfaatkan.

Timnas Indonesia lolos ke partai puncak setelah menyingkirkan Vietnam di semifinal dengan skor tipis 3-2, sedangkan Thailand melaju usai melibas Myanmar dengan skor menyolok 3-0.

Indra Sjafri mengatakan, timnas U-22 akan menampilkan permainan terbaik. Mereka sudah berproses dan tim pelatih punya program periodisasi, supaya pemain mencapai top perform saat final.

"Besok laga puncak. Tim ini terus berproses dari empat pertandingan di babak grup dan semifinal. Mereka sudah mengalami proses itu dengan baik. Kami komitmen dengan pemain. Besok akan memberikan permainan terbaik," ujar Indra Sjafri.

Pada laga kontra Thailand, timnas U-22 tak bisa memainkan Pratama Arhan. Dia mendapat kartu merah (kartu kuning kedua) di laga semifinal kontra Vietnam, dua hari lalu dan regulasi SEA Games tak mengenal pemutihan di laga final.

Sehingga, Indra Sjafri harus memutar otak dan mencari pemain pengganti. Beruntung, semua pemain dilaporkan dalam keadaan oke, baik fisik maupun mental.

"Semua pemain termasuk Arhan dalam kondisi baik, tapi secara regulasi besok kami tak bisa memainkan dia. Hanya bisa 19 pemain, dan semuanya siap untuk bermain dan berikan yang terbaik," jelas Indra Sjafri.

Pelatih berusia 60 tahun itu juga telah melakukan analisa terhadap permainan Thailand. Tim analisis sudah memantau langsung maupun lewat video dan memetakan siapa saja lawan yang harus dihentikan.

Indra Sjafri mengaku sudah mengantongi kelebihan dan kekurangan kubu Thailand. Dia juga menyiapkan taktik dan strategi guna memenangi final sekaligus menyudahi paceklik 32 tahun di SEA Games

"Saya bererta tim analis sudah merekam semua game mereka. Tadi dari jam 8-11 sudah analisa semua kekurangan dan kelebihan mereka. Bagaimana cara merespons mereka? silakan ditunggu saja besok. Semoga game plan kami pas untuk menghadapi mereka," katanya.