Liga Indonesia

Sesuai Kriteria, Madura United Sepakat dengan Regulasi Baru Liga 1 2023/2024

Selasa, 16 Mei 2023 14:40 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Madura United
Madura United menyatakan sepakat atas aturan baru yang terdapat di regulasi Liga 1 yang namanya akan berganti Liga Indonesia musim 2023/2024. Copyright: © MO Madura United
Madura United menyatakan sepakat atas aturan baru yang terdapat di regulasi Liga 1 yang namanya akan berganti Liga Indonesia musim 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Madura United menyatakan sepakat atas aturan baru yang terdapat di regulasi Liga 1 yang namanya akan berganti Liga Indonesia musim 2023/2024.

Setidaknya, ada 3 aturan baru dalam regulasi yang sangat membedakan dibanding aturan kompetisi Liga 1 pada musim-musim sebelumnya.

Yang pertama, adalah perihal sistem kompetisi. Aturan ini memang tetap menggunakan sistem full kompetisi alias home away untuk 18 klub kontestan, bertajuk reguler series.

Hanya saja, bedanya tim yang finis di urutan pertama klasemen pada pekan ke-34 mendatang, tak otomatis ditahbiskan menjadi juara kompetisi.

Namun, penentuan juara masih akan ditentukan melalui championship series. Yaitu 4 tim teratas pada reguler series akan saling diadu dengan sistem knock-out.

Sistem ini memang langsung gugur. Namun, penerapan sistem di babak championship juga memberi asas fair play melalui format laga home away.

Bagi Madura United, aturan ini memang benar-benar baru. Dan sebagai klub anggota PSSI, mereka hanya bisa beradaptasi untuk menaati setiap aturan di regulasi.

"Kami sepakat dengan sistem kompetisi (reguler dan championship) tersebut," bilang Direktur Utama PT Polana Bola Madura Bersatu, Annisa Zhafarina Selasa (16/5/23).

"Karena itu sudah menjadi ketentuan dan kami sudah memenuhi semua kriteria tersebut," imbuh putri presiden klub, Achsanul Qosasi tersebut.

Di satu sisi, babak Championship sangat menguntungkan. Lantaran 4 tim penghuninya bakal mendapatkan slot berlaga di kompetisi Asia musim ke depannya.