In-depth

3 Fakta Pentingnya Ramadhan Sananta untuk Persis Solo

Jumat, 19 Mei 2023 10:36 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Thailand, Selasa (16/05/23). Copyright: © PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Thailand, Selasa (16/05/23).

INDOSPORT.COM - Persis Solo tampaknya tinggal selangkah lagi memastikan nama Ramadhan Sananta di skuad musim 2023-2024. Sananta merupakan puzzle penting untuk mengejar target masuk final four Liga 1.

Sananta menjadi salah satu penyerang yang belum diumumkan PSM Makassar. Kuat dugaan bahwa Sananta memang bakal hengkang dari tim Juku Eja.

Dugaan itu diperkuat dengan banyaknya tim yang mengajak Sananta bergabung. Persis Solo dan Persija Jakarta disebut-sebut menjadi tim yang sangat berambisi mendatangkan Sananta.

Sejauh ini, baik dari Persis Solo maupun Persija belum mengeluarkan statemen resmi. Sementara Sananta sendiri baru pulang dari Kamboja usai tampil di SEA Games 2023.

Andai rumor ke Persis Solo benar-benar terjadi, seperti kode yang diberikan Rizky Ridho, saat berkomentar "sakjose" pada live instagram Sananta, maka Laskar Sambernyawa akan diuntungkan.

Berikut ini tiga fakta tentang pentingnya Ramadhan Sananta untuk Persis Solo

1. Lepas Dua Senior

Sananta dibutuhkan Persis Solo setelah melepas dua pemain senior, Ferdinand Sinaga dan Samsul Arif. Kedua nama ini merupakan pemain berposisi penyerang atau sama seperti Sananta.

Dari segi permainan, kedua nama itu pada musim 2022-2023 tidak buruk. Samsul dan Ferdinand kerap dimainkan. Namun, ada keinginan dari Persis Solo untuk membentuk tim jangka panjang.

Maka, Sananta yang lebih muda kemungkinan menjadi opsi terbaik, dengan konsekuensi melepas Samsul dan Ferdinand. Sananta yang baru berusia 20 tahun masih memiliki karier yang panjang.

Sananta berpotensi dimainkan sebagai penyerang tunggal atau penyerang sayap dalam formasi 3-4-3. Formasi ini kerap diandalkan Persis Solo pada era Leonardo Medina Arellano.

Torehan sebelas gol dari 24 pertandingan di Liga 1 2022-2023 serta lima gol bersama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 sudah cukup menggambarkan level Sananta sebagai penyerang haus gol.