Liga Italia

Tak Hanya Juventus, Klub Bersejarah Ini juga Terancam Terjun Bebas ke Serie D

Selasa, 23 Mei 2023 11:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Massimo Pinca
Pemain Juventus, Dusan Vlahovic. Klub Italia itu mendapat sanksi pengurangan poin. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca) Copyright: © REUTERS/Massimo Pinca
Pemain Juventus, Dusan Vlahovic. Klub Italia itu mendapat sanksi pengurangan poin. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

INDOSPORT.COM - Tak hanya Juventus yang tersandung sanksi pengurangan poin di Liga Italia (Serie A). Sampdoria kini juga terancam mendapatkan sanksi degradasi ke Serie D.

Polemik sepak bola Eropa begitu panas jelang akhir musim 2022-2023. Dari pentas Liga Italia, Juventus akhirnya ketok palu mendapat sanksi pengurangan 10 poin. 

Diketahui, Juventus terjerat kasus penggelembungan nilai transfer untuk meningkatkan keuntungan modal. Awalnya mereka dijatuhi sanksi pengurangan 15 poin.

Namun, sanksi tersebut dicabut setelah tim melakukan banding ke CONI. Tim pengadil akan melakukan persidangan ulang.

Lantas, dalam sidang yang digelar Senin (22/5/23) kemarin, Jaksa FIGC Giuseppe China menegaskan Juventus telah bersalah dan mengusulkan sanksi pengurangan poin.

Panel sidang lalu memutuskan menjatuhkan sanksi pemotongan 10 poin untuk Juventus. Tim yang awalnya bertengger di peringkat kedua, kini terjun bebas ke posisi ketujuh.

Tak sampai di sana, Juventus juga masih terjerat kasus lain. Manajemen diduga telah mengakali pengeluaran gaji pemain selama pandemi Covid-19 di beberapa tahun lalu.

Saat itu, para pemain dilaporkan setuju melepaskan empat bulan gaji demi menyelamatkan keuangan klub.

Namun ternyata hanya satu bulan gaji saja yang dipotong, sedang tiga bulan lainnya tetap akan dibayarkan secara bertahap.

Hal ini dinilai mencederai asas transparansi klub, karena tak dimasukkan dalam laporan keuangan Juventus. Sanksi lainnya mungkin saja akan meruntuhkan tim Si Nyonya Tua.