In-depth

Profil Sheikh Jassim: Karier, Kekayaan, dan Cita-cita untuk Manchester United

Minggu, 28 Mei 2023 10:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Profil dan fakta-fakta singkat Sheikh Jassim, pengusaha Qatar yang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images. Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Profil dan fakta-fakta singkat Sheikh Jassim, pengusaha Qatar yang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Profil Sheikh Jassim, tokoh dari Qatar yang dalam beberapa waktu belakangan dikaitkan dengan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Nama Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani memang masih melekat dalam drama pengambilalihan klub raksasa Manchester ini dari tangan Glazer.

Hanya saja, kepastian tentang kabar pengambilalihan tersebut sejauh ini masih simpang siur. Apalagi, Sheikh Jassim bukan-satu-satunya calon peminat yang ‘ngantre’ di daftar tunggu alias waiting list.

Ia harus bersaing dengan pengusaha papan atas Inggris, Sir Jim Ratcliffe, yang disebut-sebut memiliki kans lebih besar untuk membeli Manchester United.

Meski begitu, jika bicara soal profil Sheikh Jassim, sosok yang satu ini jelas bukan orang sembarangan. Ia anggota keluarga bangsawan Qatar dan juga petinggi Qatar Islamic Bank (QIB).

Sheikh Jassim merupakan putra mantan perdana menteri Qatar, Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber al-Thani atau yang dikenal dengan panggilan HBJ.

Ayah Sheikh Jassim sendiri memiliki cukup pengalaman menjalankan klub olahraga. Di Paris Saint-Germain, HBJ pernah menjadi ketua Otoritas Investasi Qatar (QIA).

Nah, QIA memiliki Qatar Sports Authority (QSA), yang memiliki PSG. Hal ini sempat menjadi polemik tersendiri bagi Sheikh Jassim saat ia dikaitkan dengan Manchester United.

Namun sosok kelahiran Doha 44 tahun lalu ini memastikan dirinya independen, tidak terkait dengan QIA dan PSG, agar pengambilalihan Manchester United tidak terganjal aturan UEFA.

Lantas, seperti apa profil Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani lebih jauh? Berikut lanjutan ulasannya.