In-depth

Profil Francisco Rivera, Mr Champions League yang dirumorkan ke Persis Solo

Senin, 5 Juni 2023 22:26 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
© Persis Solo
Selebrasi para pemain Persis Solo saat mencetak gol ke gawang Borneo FC di Liga 1. Foto: Persis Solo Copyright: © Persis Solo
Selebrasi para pemain Persis Solo saat mencetak gol ke gawang Borneo FC di Liga 1. Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Francisco Israel Rivera disebut-sebut bakal menjadi rekrutan anyar klub Liga 1, Persis Solo. Francisco punya segudang pengalaman yang bisa memberi pengaruh positif di Laskar Sambernyawa. Berikut ini profil dari Francisco Rivera.

Persis Solo sudah memastikan datangnya tiga pemain asing baru. Tiga pemain ini berposisi sebagai bek tengah, gelandang serang dan gelandang sayap.

Untuk pos bek tengah, muncul rumor merapatnya bek asal Filipina, Diego Bardanca. Pemain yang lama berkarir di Spanyol ini merupakan skuat Buriram United yang musim lalu dipinjamkan ke Chonburi FC.

Sementara untuk gelandang sayap, sosok tunggal yang diprediksi memikat Persis Solo adalah Moussa Sidibe. Mantan pemain Johor Darul Takzim ini disebut-sebut sudah berada di kota Solo.

Nah, satu nama yang dirumorkan bakal merapat adalah Francisco Rivera. Pemain berkebangsaan Meksiko ini berposisi sebagai gelandang serang.

Rivera punya pengalaman panjang dalam karirnya di Liga Meksiko. Lalu, dalam dua tahun terakhir, Rivera menjajal pengalaman baru dengan bermain di negara Kosovo.

Mirip Messidoro

Perjalanan karir Rivera sejatinya mirip dengan Alexis Messidoro yang musim lalu bersinar di Persis Solo. Messidoro mengawali karir profesional bersama raksasa Argentina, Boca Juniors.

Sementara Rivera mengawali karir bersama raksasa Meksiko, Club America. Senasib dengan Messidoro, Rivera yang masih muda cukup kesulitan mendapat menit bermain di Liga MX.

Namun, Club America berbaik hati karena memainkannya di CONCACAF Champions League. Ia dimainkan tiga kali pada musim 2014-2015 dan tiga kali pada musim 2015-2016.

Hebatnya, dalam dua musim itu Club America menjadi juara CONCACAF Champions League. Mereka unggul agregat 5-3 atas klub Kanada, Montreal Impact pada musim 2014-2015 dan unggul agregat 4-1 atas Tigres UANL.