In-depth

Alasan Mengapa Pemain Filipina Paling Laku di Liga 1 2023: Rasa ASEAN, Kualitas Eropa

Kamis, 8 Juni 2023 22:49 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 BRI 2021 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 BRI 2021

INDOSPORT.COM - Klub-klub Liga 1 banyak yang mencomot pemain asal Filipina untuk menutupi kouta pemain asing ASEAN. Lantas apa yang membuat mereka banyak diminati?

Liga 1 2023/24 akan bergulir mulai 1 Juli mendatang. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator telah menetapkan jadwal selama semusim yang diawali pertandingan Persija Jakarta vs PSM Makassar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Liga 1 2023 akan memakai format baru yakni kompetisi reguler dengan 34 pertandingan dan dilanjut dengan championship series dari empat tim teratas kompetisi reguler.

Kompetisi reguler dimulai 1 Juli 2023 hingga 28 April 2024 dengan sistem home away. Lalu championship series pada 4-26 Mei 2024 dengan sistem knockout tapi dimainkan dua leg (home & away) yang mempertemukan empat klub teratas di reguler series.

Di championship series, tim peringkat empat akan melawan peringkat pertama di musim reguler. Lalu peringkat kedua akan bertemu peringkat ketiga. Pemenangnya akan bermain di partai final.

Selain format yang berubah, satu hal yang turut menarik perhatian adalah regulasi pemain asing.

Klub diizinkan merekrut 5+1 pemain asing (empat bebas, satu Asia + satu kuota ASEAN) dan seluruhnya dapat dimainkan dalam setiap pertandingan.

Terobosan paling baru adalah penggunaan kuota pemain ASEAN dengan alasan bisnis. Hal ini pun membuat klub berlomba-lomba mendapatkan pemain dari negara tetangga yang punya kualitas mumpuni.

Sejauh ini, sudah ada beberapa klub yang sudah penuhi kuota pemain ASEAN seperti Borneo FC, PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persita Tangerang, PSM Makassar,  Madura United, PSS Sleman, Persik Kediri, Barito Putera dan Bali United.

Dari 11 klub tersebut, pemain Filipina paling laku atau paling banyak direkrut klub Liga 1 dan memperkuat Persita, Persik, Barito Putera, Persib, PSS serta PSM.

Persita amankan bek tengah Christian Rontini, Persik (Simen Lyngbo), Barito Putera (Mike Ott), Persib (Daisuke Sato), PSS (Anthony Pinthus) dan PSM (Kike Linares). Lima nama awal bahkan anggota Timnas Filipina.