Liga Indonesia

Ketok Palu Ketum PSSI, MNC Group Jadi Pemegang Hak Siar Indonesia vs Argentina

Kamis, 8 Juni 2023 13:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengunjungi Stadion Gelora Bung Tomo jelang FIFA match day Indonesia vs Palestina. Copyright: © PSSI
Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengunjungi Stadion Gelora Bung Tomo jelang FIFA match day Indonesia vs Palestina.

INDOSPORT.COM - Teka-teki siapa pemegang hak siar FIFA Matchday antara timnas Indonesia melawan Argentina akhirnya terjawab sudah. MNC Group dipercaya menyiarkan laga Skuat Garuda.

Hal ini diutarakan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Bukan hanya timnas Indonesia melawan Argentina saja, melainkan hak siar sepanjang 2023 dikuasai MNC.

Sebuah langkah baru untuk mendukung perkembangan industri siaran sepak bola di Indonesia karena sebelumnya hak siar dipasarkan per pertandingan atau turnamen kepada stasiun televisi yang berminat.

"Kebijakan ini merupakan langkah baru yang ditetapkan PSSI periode ini karena dengan kontrak hak siar timnas berdurasi panjang," ungkap Erick Thohir, Rabu (7/4/23).

Erick menilai dengan ini menjadikan kejelasan dalam sisi bisnis di tubuh PSSI. Kerja sama durasi panjang menjadi jelas untuk langkah sosialisasi timnas Indonesia.

"Selain memberikan kepastian kepada pemegang hak siar karena bagaimana pun juga ini bisnis. Stasiun televisi juga bisa membuat agenda jangka panjang." 

"Artinya, dari segi promosi, marketing, dan sosialisasi timnas juga pasti bagus karena tayangan multimedia dijamin akan membuat berbagai acara dan program demi menarik penonton dan pendukung timnas," ujar Erick Thohir.

PSSI menyatakan MNC Group menjadi Pemenang Hak Siar (Domestic Media Rights) timnas Indonesia sepanjang 2023 dengan nilai kontrak sebesar Rp56 miliar.