In-depth

Liga 1: Profil Ribamar, Calon Pelengkap Brazilian Connection di Madura United

Kamis, 8 Juni 2023 14:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© pixers.es/wikipedia
Logo Madura United. Copyright: © pixers.es/wikipedia
Logo Madura United.

INDOSPORT.COM - Madura United masih akan berkejaran dengan waktu untuk melengkapi komposisi skuat, terutama sektor pemain asing untuk Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Diketahui, tim berjulukan Laskar Sape Kerrab sejauh ini sudah melengkapi slot pemain asing dengan empat nama, satu di antaranya dari ASEAN.

Mereka adalah tiga pemain dari Brasil yang dipertahankan sejak musim lalu, yakni Cleberson Martins, Hugo Gomes Dos Santos alias Jaja, dan Luiz Marcelo Morias atau Lulinha.

Satu slot ASEAN kemudian dihuni Jacob Mahler dari Singapura. Sementara dua slot tersisa sesuai regulasi, salah satunya menyebut Lucas Ribamar Lopes Dos Santos Bilbiano.

Lantas, bagaimana profil singkat dari striker berusia 26 tahun yang bakal menjadi pelengkap Brasil Connection di Madura United tersebut?

Matang di Brasil

Ribamar tergolong pemain yang paling betah berkarir di kompetisi Brasil. Dia memulai karier profesional di usia 19 tahun, ketika promosi ke tim senior Botafogo dari tim U-20 pada 2016 lalu.

Transfermarkt mencatat, Ribamar menghabiskan 5 tahun kariernya di negara asalnya. Setelah Botafogo, dia juga pernah bermain untuk Atletico Paranaense (2017-2018).

Dan seiring kematangan permainannya, dia lantas bermain di kompetisi paling elit, Serie A Brasil (Liga 1) untuk Vasco Da Gama (2019-2020) dan America Mineiro (2021).

Namun, karirnya sedikit meredup dalam 2 tahun terakhir setelah hanya berlaga di Serie B Brasil. Ribamar memperkuat Ponte Preta (2022) dan Chapecoense (2023).

Posisinya yang condong sebagai winger dan bukan target man, membuatnya mencatat statistik tak gemilang. Soccerway mencatat Ribamar melesakkan 8 gol dalam 32 laga selama 4 musim terakhir sejak 2020.