Liga Indonesia

Wali Kota Eri Cahyadi Klarifikasi Perihal Polemik Konvoi Timnas Indonesia di Surabaya

Kamis, 8 Juni 2023 09:59 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah supporter bersiap menyambut rombongan Timnas Indonesia U-22 di spot akhir arak-arakan, VIP Barat Stadion Utama GBK, Jakarta, Jumat (19/05/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah supporter bersiap menyambut rombongan Timnas Indonesia U-22 di spot akhir arak-arakan, VIP Barat Stadion Utama GBK, Jakarta, Jumat (19/05/23).

INDOSPORT.COM - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjawab dengan tegas terkait wacana konvoi Timnas Indonesia di Surabaya. Eri menilai ada tiga alasan mengapa dirinya mencanangkan kegiatan tersebut.

Wacana konvoi Timnas Indonesia di Surabaya sebelum melaksanakan pertandingan FIFA Matchday memang mendapat respons negatif. Wacana konvoi ini memang dicetuskan Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

Eri mengatakan wacana kegiatan tersebut saat mendampingi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat meninjau Stadion Gelora Bung Tomo untuk venue FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Palestina 14 Juni mendatang.

Namun wacana konvoi Timnas Indonesia mendapat respons negatif di mana dinilai terlalu berlebihan.

Namun untuk menjawab respons negatif ini, Eri Cahyadi mengaku memiliki tiga poin alasan.

Dalam poin pertama, Eri menyebut rencana konvoi yang dimaksud banyak disalahpahami. Eri mengatakan konvoi tersebut merupakan sekadar 'pengawalan' penyambutan Timnas Indonesia dari hotel menuju Balai Kota Surabaya dan sebaliknya dengan jarak tempuh hanya tujuh menit.

"Timnas Indonesia diagendakan makan malam bersama Timnas Palestina di Balai Kota Surabaya pada 11 Juni 2023," ujar Eri.

Dalam poin kedua, Eri mengatakan pengawalan merupakan bagian dari budaya suporter Surabaya yang selalu menjalankan tradisi 'pengawalan' dan penyambutan pada kedatangan tamu-tamu klub penting. 

Eri mencontohkan bagaimana para suporter di Surabaya ikut mengawal tim Persija Jakarta, Persis Solo, dan lain-lain.

"Jadi, konvoi ini pengawalan karena penghormatan yang diberikan kepada Timnas Indonesia. Ini tradisi dan budaya suporter Surabaya karena kami ingin menunjukkan suporter Surabaya itu begitu ramah," jelas Eri.