In-depth

Ricardo Salampessy, Legenda Sepak Bola Ambon Calon Pelatih Baru Persipura di Liga 2

Sabtu, 10 Juni 2023 19:36 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Sudjarwo
Bek senior Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy Copyright: © Sudjarwo
Bek senior Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy

INDOSPORT.COM – Mengenal kembali sosok Ricardo Salampesy, salah satu legenda sepak bola asal Ambon yang berpotensi tukangi Persipura di Liga 2 musim depan.

Jelang bergulirnya kompetisi Liga 2 musim 23/24, Persipura sebagai salah satu peserta terlihat belum menemukan sosok pelatih yang bakal memimpin Laskar Mutiara Hitam.

Di musim lalu, Persipura sejatinya sudah mengontrak Ricky Nelson untuk melatih Boaz Solossa cs dan ditargetkan bisa promosi ke Liga 1.

Akan tetapi belum setengah musim kompetisi berjalan, Liga 2 harus terhenti imbas dari tragedi Kanjuruhan.

Ditengah tak menentunya nasib Liga 2 saat itu, akhirnya Persipura dan Ricky Nelson sepakat untuk berpisah. Hingga saat ini, kursi kepelatihan The Black Pearl pun masih kosong.

Dalam beberapa waktu terakhir, ada sejumlah nama yang masuk dalam bursa calon pelatih baru Persipura di Liga 2 musim 23/24.

Beberapa diantaranya bahkan merupakan legenda Persipura dan sosok penting dalam membantu klub merajai kompetisi Liga Indonesia.

Nama-nama yang masuk dalam calon pelatih Persipura diantaranya adalah Eduard Ivakdalam, Ricardo Salampessy, Rully Nere, Mettu Dwaramuri dan juga Bio Pauline.

Dari sekian banyak nama tersebut, sosok Ricardo Salampessy cukup menarik perhatian lantaran pesepak bola asal Ambon itu tercatat masih aktif sebagai penggawa Persipura musim lalu.

Meski masih jadi pemain, namun Ricardo Salampessy ternyata sudah memiliki lisensi kepelatihan AFC A dan membuatnya memenuhi syarat untuk melatih klub Liga 2.

Walau belum ada keputusan resmi apakah Ricardo Salampessy yang ditunjuk sebagai pelatih Persipura, namun menarik disimak profil serta prestasi mentereng defender tangguh asal Maluku ini selama era keemasannya di Liga Indonesia.