Bola Internasional

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Siap Tantang Vietnam dan Jepang

Sabtu, 17 Juni 2023 14:36 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Jordi Amat usai cetak gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Burundi Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Jordi Amat usai cetak gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Burundi

INDOSPORT.COM - Jadwal lengkap pertandingan Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong di ajang bergengsi Piala Asia 2023 Qatar bisa kalian simak di artikel ini.

Piala Asia 2023 akan digelar pada 12 Januari hngga 10 Februari 2024 mendatang. Timnas Indonesia menjadi salah satu dari empat negara ASEAN yang berhasil lolos ke Qatar.

Dalam drawing bulan Mei 2023 lalu, Timnas Indonesia harus tergabung ke dalam grup neraka. Mereka berada di Grup D bersama Jepang, Irak dan musuh bebuyutan, Vietnan.

Ketiga lawan Skuat Garuda bukanlah musuh sembarangan. Irak sendiri merupakan juara Piala Asia 2007 silam saat digelar di Tanah Air.

Kemudian Jepang sudah empat kali meraih juara Piala Asia. Sementara itu, Vietnam selalu menjadi musuh terberat Garuda di Piala AFF atau SEA Games.

Shin Tae-yong sendiri sempat menjelaskan kalau Grup D dihuni oleh lawan-lawan cukup berat. Ia bahkan memprediksi kalau peluang Pratama Arhan dkk lolos hanya 50 persen saja.

"Grup kami tentu bukan grup yang mudah. Saya bisa mengatakan peluang tim untuk lolos (ke fase gugur) adalah 50 persen, tetapi saya mempunyai keyakinan dengan tim kami," kata Shin Tae-yong dilansir dari kanal Youtube AFC Asian Cup.

Sebelum lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berstatus unner-up Grup A di babak kualifikasi menyingkirkan Kuwait dan Nepal. Sementara posisi juara grup ditempati oleh Yordania.

Selain Timnas Indonesia dan Vietnam, dua negara ASEAN yang lolos ke Piala Asia 2023 yaitu Thailand serta Malaysia.

Malaysia masuk ke dalam Grup E dan akan menghadapi Korea Selatan, Yordania dan Bahrain. Sedangkan Thailand masuk Grup F bersama Arab Saudi, Krygistan dan Oman.

Untuk melihat jadwal lengkap Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, berikut INDOSPORT telah merangkumnya di slide kedua artikel ini.