In-depth

Profil dan Agama Fariq Hitaba, Wasit Berlisensi FIFA yang Tak Lolos ke Liga 1

Jumat, 23 Juni 2023 11:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Wasit Fariq Hitaba memberi penjelasan pada Nick Kuipers. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Wasit Fariq Hitaba memberi penjelasan pada Nick Kuipers. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Profil dan agama Fariq Hitaba, wasit yang sudah mengantongi lisensi FIFA, tetapi tidak lolos standar terbaru untuk memimpin pertandingan Liga 1.

PSSI baru saja merilis daftar 18 nama wasit yang lolos seleksi untuk memimpin laga Liga 1 2023/2024, setelah melakukan seleksi dan tes fisik standar FIFA pada 15-16 Juni lalu.

Menariknya, tidak ada nama Fariq Hitaba dari daftar 18 wasit yang akan memimpin Liga 1. Tentu ini menjadi hal yang menarik karena Fariq Hitaba cukup lama bertugas.

Wasit Fariq Hitaba beberapa kali membuat kontroversi, salah satunya ketika ia dihukum usai memimpin big match Liga 1 2022-2023 antara Bali United vs Persija Jakarta.

Fariq mendapat hukuman bebas tugas selama 8 pekan karena dinilai membuat kesalahan, tidak memberikan penalti pada Persija ketika ada pemain Bali United yang handball.

Meski mendapat sanksi larangan bertugas selama delapan pekan dan hanya hadir di 10 laga di Liga 1 2022/2023, tapi Fariq tetap salah satu wasit yang mengeluarkan kartu terbanyak.

Musim lalu, Fariq Hitaba mengeluarkan total 46 kartu kuning. Artinya, dalam setiap laga rata-rata ia mengeluarkan 4-5 kartu. Tetapi ada satu rekor mentereng yang ia catatkan.

Fariq mengeluarkan sembilan kartu di laga pekan ke-23, antara Bali United vs Persib Bandung, sehingga tak salah jika ia disebut sebagai wasit 'favorit' Bobotoh, dalam arti sarkas.

Salah satu momen menarik Fariq Hitaba lainnya adalah di Liga 1 2022, ia memimpin partai Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Kala itu, kapten Persib Bandung, Victor Igbonefo melakukan protes keras kepada Fariq Hitaba. Bukannya mundur, sang wasit justru menunjukkan gestur menantang.