Liga Indonesia

PT LIB Gelar Rapat Bersama FIFA Bahas Penerapan VAR di Liga 1 2023/24

Jumat, 23 Juni 2023 11:25 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB yang baru, Ferry Paulus. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB yang baru, Ferry Paulus.

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan PSSI melakukan rapat bersama dengan perwakilan FIFA untuk membahas mengenai penerapan VAR di kompetisi Liga 1 2023-2024.

PT LIB dan PSSI menggelar rapat yang dihadiri oleh perwakilan FIFA di salah satu hotel di Jakarta pada 20 hingga 21 Juni 2023 lalu.

Perwakilan dari FIFA yang hadir untuk ikut membahas kemajuan Liga 1 2023-2024 yakni VAR Project Manager, Michael Bailey, dan Guilherme Barbosa selaku VAR Implementation Manager.

Dalam rapat tersebut, Michael Bailey menjelaskan banyak hal yang berhubungan dengan Referee and VAR Education. Semuanya telah diinformasikan secara detail dan lengkap.

Pada hari kedua, Guilherme Barbosa juga memberikan edukasi yang harus diperhatikan dalam VAR Project Implementation.

Dalam pembahasan ini, semua juga dijelaskan secara terperinci. Mulai dari persiapan teknis, pola komunikasi, hingga yang berhubungan dengan marketing.

Selain itu, lewat komunikasi yang dilakukan secara online, Bhaveshan Moorghen yang saat ini menjabat sebagai Football Technology Manager di FIFA, ikut menjelaskan panjang lebar mengenai teknologi yang akan diterapkan.

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus menyambut positif kegiatan VAR Kick-Off Meeting jelang Liga 1 2023-2024 tersebut.

“Kami selalu berusaha maksimal agar VAR bisa segera direalisasikan di Liga 1,"  ujar Ferry Paulus, Rabu (21/06/23).

"Untuk tahap awal ini, kami menyesuaikan dengan apa yang sudah dikomunikasikan FIFA. Ada pengenalan lebih awal terkait teknologi dan peraturan-peraturan lainnya yang berhubungan dengan penerapan VAR," tuturnya menambahkan.