Bola Internasional

Sah! Pemilik Chelsea Beli Klub Prancis Strasbourg, Harganya Setara Penjualan Havertz

Jumat, 23 Juni 2023 01:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS-Andrew Couldridge
Pemilik Chelsea, Konsorsium Todd Boehly atau BlueCo, mencapai kata sepakat dalam membeli saham tim Prancis, Strasbourg. Copyright: © REUTERS-Andrew Couldridge
Pemilik Chelsea, Konsorsium Todd Boehly atau BlueCo, mencapai kata sepakat dalam membeli saham tim Prancis, Strasbourg.

INDOSPORT.COM – Pemilik Chelsea, Konsorsium Todd Boehly atau BlueCo, mencapai kata sepakat dalam membeli saham tim Prancis, Strasbourg.

Dilansir dari The Guardian, BlueCo membeli saham mayoritas yang hampir menyentuh 100 persen dari saham klub berjuluk Le Racing itu.

Dalam laporan yang sama, pembelian saham mayoritas ini memakan dana sebesar 65 juta poundsterling atau setara Rp1,2 triliun.

Sebagai informasi, nilai tersebut setara dengan nilai penjualan Kai Havertz yang akan dilego oleh Chelsea ke Arsenal pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk menjadi bagian dari klub bersejarah ini. Kami berkomitmen untuk melestarikan warisan Racing (Strasbourg),” bunyi pernyataan BlueCo.

Bagi Strasbourg sendiri, penjualan saham mayoritas ke BlueCo selaku pemilik Chelsea pun untuk membuat tim tersebut kian kompetitif di kancah sepak bola.

“Tujuannya adalah untuk memungkinkan Strasbourg menjadi lebih ambisius dan kompetitif di dunia sepak bola, terutama dengan kedatangan besar-besaran investor asing di banyak klub Prancis,” kata Presiden klub yakni Marc Keller.

Keberhasilan ini pun memulai langkah Konsorsium Todd Boehly atau BlueCo untuk melancarkan proyek Multi-Club yang dicanangkan sejak lama.

Proyek Multi-Club ini bukanlah barang baru di kancah sepak bola. Beberapa grup seperti City Football Group dan Red Bull Group bahkan memiliki banyak klub di berbagai negara.

Usai membeli saham mayoritas Strasbourg, Konsorsium Todd Boehly atau BlueCo akan melanjutkan akuisisinya dengan menyasar ke Portugal.