Bursa Transfer

Mateo Kovacic Resmi Jadi Rekrutan Pertama Manchester City di Bursa Transfer

Rabu, 28 Juni 2023 07:09 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Hannah Mckay
Pemain Maroko Hakim Ziyech berduel dengan pemain Kroasia Mateo Kovacic di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay) Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Pemain Maroko Hakim Ziyech berduel dengan pemain Kroasia Mateo Kovacic di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester City akhirnya resmi mengumumkan Mateo Kovacic sebagai rekrutan pertama di bursa transfer musim panas.

Kabar Mateo Kovacic resmi merapat ke Manchester City di bursa transfer musim panas 2023 diumumkan melalui Instagram resmi klub pada Rabu (28/06/23) dini hari WIB.

Mateo Kovacic dibeli oleh Manchester City dari rival mereka di Liga Inggris yaitu Chelsea dengan mahar 25 juta pounds atau sekitar Rp477 miliar.

Peman Kroasia tersebut juga setuju untuk menandatangani kontrak bersama The Citizzens dengan durasi empat tahun atau hingga 2027 mendatang.

Kedatangan pemain berusia 29 tahun tersebut menjawab persoalan lini tengah pasukan Pep Guardiola yang baru saja ditinggal oleh Ilkay Gundogan ke Barcelona.

Mateo Kovacic dinila sangat cocok bergabung ke Manchester City karena memiliki angka tertinggi untuk expected assists (peluang sebuah umpan yang bisa menjadi gol).

Mateo Kovacic tercatat di angka 0,25 expected assists per 90 menit. Persentase itu tertinggi dibanding semua pemain Liga Inggris lainnya dengan nilai 91 persen.

Hal tersebut membuat Erling Haaland bakal mendapatkan umpan-umpan manja dalam menjadi mesin gol lagi bagi Manchester City pada musim 2023-2024 mendatang.

Setelah bergabung dengan Manchester City di bursa transfer musim panas 2023, Mateo Kovacic juga telah buka suara. Ia menegaskan siap untuk membantu Pep Guardiola kembali meraih banyak trofi.