In-depth

Profil Charles Raphael de Almeida, Pilar Baru Arema FC Spesialis Serie C

Rabu, 28 Juni 2023 11:20 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© instagram/aremafcofficial
Pemain anyar Arema FC, Charles Raphael de Almeida. Foto: instagram/aremafcofficial. Copyright: © instagram/aremafcofficial
Pemain anyar Arema FC, Charles Raphael de Almeida. Foto: instagram/aremafcofficial.

INDOSPORT.COM - Arema FC sudah memastikan komposisi lima pemain asing bebas federasi sudah lengkap untuk musim 2023/2024, seiring kedatangan Charles Raphael de Almeida.

Gelandang bertahan kebangsaan Brasil itu diresmikan klub pada Selasa (27/6/23), atau satu hari setelah pengumuman playmaker Argentina, Ariel Lucero.

Charles Raphael dan Ariel Lucero lantas jadi lima pemain asing bebas federasi, setelah Gustavo Almeida (Brasil), Charles Lokolingoy (Australia), dan Ichaka Diarra (Mali).

Dibandingkan para pemain asing dari Brasil di klub-klub Liga 1, barangkali Charles Raphael menjadi nama yang kurang familiar, karena tidak berlaga di kompetisi elite.

Lantas, bagaimana profil singkat dari Charles Raphael yang dikenal sebagai pesepak bola spesialis kompetisi Serie C di Brasil? Berikut 3 faktanya.

Pengalaman Pertama

Melihat referensi dari Transfermarkt dan Soccerway, Charles Raphael menghabiskan karier sejak remaja hingga level profesional di Brasil dalam satu dekade terakhir.

Jadi, menerima tawaran Arema FC sekaligus menjadi pengalaman pertamanya menjajal kompetisi di luar negeri. Liga 1 Indonesia pun sekaligus kompetisi Asia pertamanya.

Sejak usia 18 tahun, Raphael bernaung di Macae Esporte. Dia memperkuat klub kontestan Serie C Brasil itu selama 4 musim sejak 2013 hingga 2018.

Raphael lalu hijrah ke klub Santa Cruz, yang juga bertanding di Serie C sampai 2020. Pada putaran dua musim 2019, dia sempat dipinjamkan ke Londrina yang berkompetisi di Serie B.

Setelah itu, kariernya kembali berkuat di Serie C Brasil. Dia membela Clube de Remo (2020), Jacuipense (2021), Retro FC (2022) dan Manaus, mencatat 1 gol dalam 6 laga musim 2023.