Bursa Transfer

Resmi! Edouard Mendy Hengkang dari Chelsea dan Gabung ke Klub Arab Saudi

Kamis, 29 Juni 2023 01:24 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/David Klein
Andreas Christensen dan Edouard Mendy di laga Chelsea vs Arsenal (REUTERS/David Klein) Copyright: © REUTERS/David Klein
Andreas Christensen dan Edouard Mendy di laga Chelsea vs Arsenal (REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Eksodus pemain klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea berlanjut, terbaru ada Edouard Mendy yang resmi hengkang ke klub Arab Saudi, Al Ahli.

Kabar resminya Edouard Mendy gabung Al Ahli diumumkan oleh laman resmi Chelsea pada Rabu (29/06/23) malam WIB. The Blues memberikan pernyataan kalau kiper asal Senegal tersebut merupakan salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki.

"Edouard Mendy sudah meninggalkan Chelsea setelah tiga musim, dan menyelesaikan transfer permanen ke klub Liga Profesional Saudi, Al-Ahli," tulis laman resmi Chelsea.

"Pemain berusia 31 tahun tersebut bakal menjadi kiper paling diingat di Stamford Bridge, atas peran kunci yang dalam perjalanan kami menuju kejayaan Liga Champions pada tahun 2021 lalu."

"Pemain Senegal itu mencatatkan sembilan kali clean sheet Liga Champions pada musim 2020-2021. Suatu prestasi yang belum pernah dicapai oleh kiper lain di musim debut mereka di kompetisi klub elit Eropa."

"Penampilan tersebut membuat Mendy dinobatkan sebagai Kiper Terbaik Liga Champions UEFA, Penjaga Gawang Terbaik FIFA, dan membantunya menempati posisi kedua dalam pemungutan suara untuk Yashin Trophy," imbuhnya.

Sementara itu, Al Ahli juga membuat pengumumkan di Twitter resminya. Klub promosi kasta tertinggi Liga Arab Saudi itu menggunggah sebuah video singkat dan menuliskan caption "Singa Teranga melindungi gawang kami".

Berdasarkan laporan yang beredar, Chelsea menjual rugi Edouard Mendy ke Al Ahli. Kiper Senegal itu hanya dibeli dengan mahar 16 juta poundsterling atau sekitar Rp303 miliar.

Chelsea sudah pasti rugi, karena The Blues membeli Mendy dari Rennes pada bursa transfer 2020 lalu dengan mahar sebesar 22 juta poundsterling.