Timnas Indonesia

Takut Sepak Bola Thailand Dibekukan FIFA, Presiden FAT Batal Mundur

Selasa, 4 Juli 2023 03:56 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Arnd Wiegmann
Ilustrasi, logo FIFA. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann. Copyright: © REUTERS/Arnd Wiegmann
Ilustrasi, logo FIFA. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) dipastikan aman dari sanksi berat FIFA, usai pengunduran diri Somyot Poompanmoung dari kursi presiden tak dikabulkan oleh dewan.

Sebelumnya Somyot Poompanmoung telah mengajukan surat pengunduran diri pada Jumat (30/06/23) lalu, melalui Sekjen FAT, Patis Supapong, dalam pertemuan dengan Komite Olimpiade Thailand.

Keinginan mundurnya Somyot Poompanmoung sebagai presiden FAT karena kegagalan Thailand dalam meraih medali emas sepak bola putra SEA Games 2023 lalu.

Dalam laga final SEA Games 2023 di Kamboja, Thailand hancur lebur di tangan Timnas Indonesia U-22 besutan Indra Sjafri.

Duel yang dogelar di Stadion National Olympic Stadium Phom Penh, Selasa (16/05/23) lalu, Timnas Indonesia U-22 sukses meraih kemenangan dengan skor 5-2 atas Thailand.

Karena kegagalan meraih medali emas SEA Games, presiden FAT bernama Somyot Poompanmoung menjadi sosok yang paling disalahkan.

Ia mendapatkan desakan untuk segera mengundurkan diri dari Presiden Komite Olimpiade Thailand yang juga menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Thailand, Prawit Wongsuwan.

Sang Perdana Menteri sangat murka dengan kekalahan tersebut. Apalagi pasukan Gajah Perang juga dinilai bermain emosi hingga mendapatkan banyak kartu merah.

"Saya sudah katakan di SEA Games kali ini, jika tim putra gagal merebut medali emas, maka presiden federasi harus mundur," ujar Prawit Wongsuwan dilansir dari Thai Post.

"Belum lagi masalah finansial. Kami melakukan kesalahan sendiri. Kami harus punya semangat. Kali ini nama baik negara menjadi sangat buruk. Tim tidak bisa mengontrol emosi, hal itu tidak boleh terjadi," tuturnya menambahkan.