Bola Internasional

Usai dari Garuda Select, Asisten Bima Sakti Berburu Pemain Timnas Indonesia U-17 di GIC 3

Jumat, 7 Juli 2023 15:29 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Bima Sakti memimpin latihan pemain Timnas Indonesia U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Jumat (17/01/20). Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Bima Sakti memimpin latihan pemain Timnas Indonesia U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Jumat (17/01/20).

INDOSPORT.COM - Turnamen Garuda International Cup jilid 3 dinilai sangat membantu staf pelatih Timnas Indonesia U-17 dalam mencari talenta-talenta pemain terbaik.  

Terlebih saat ini Timnas Indonesia U-17 masih terus mencari pemain-pemain untuk persiapan tampil di panggung Piala Dunia U-17.

Garuda International Cup 3 memang tengah berlangsung di Lapangan Asiop Training Ground, Sentul.  Turnamen yang diikuti 32 tim dari 7 negara ini mempertandingkan dua kategori di kelompok U-12 dan U-17.

Tentu dengan dipertandingkannya kategori U-17 dimanfaatkan oleh tim kepelatihan Timnas Indonesia U-17 di bawah arahan Bima Sakti.

Di mana memang staff pelatih Timnas Indonesia U-17 menjadikan turnamen ini menjadi satu ajang seleksi mencari bibit baru untuk Timnas Indonesia U-17.

Hal ini diakui oleh asisten pelatih Timnas Indonesia U-17, Firmansyah. MEmang diakui untuk menjadi calon pemain Timnas Indonesia U-17 ada standar tinggi yang diterapkan.

“Kemarin saya sempat di Garuda Select (memantau pemain), kini saya ditugaskan coach Bima (Sakti, pelatih kepala Timnas Indonesia U-17) untuk memantau pemain di event Garuda International Cup (GIC 3),” ucap Firmansyah.

“Ya kami tetap punya standarisasi dalam mencari pemain, saat ini kami memang sudah memiliki pemain (Timnas U-17), tetapi mungkin ada yang lebih baik lagi atau kualitasnya sama kaya mereka bisa dicoba,” jelas Firmansyah. 

Firmansyah menjabarkan bahwa dia mencari sosok pemain dengan kemauan keras dan sudah memahami peran dia dalam bermain di posisi apa di sebuah tim.

“Kami cari yang kemampuannya dan kemauannya keras, mereka sudah tahu main di posisi bek seperti apa, gelandang seperti apa, dan striker seperti apa,” jelas Firmansyah.