In-depth

Histori Azpilicueta bersama Chelsea, Dari Bukan Siapa-siapa Sampai Jadi 'Dave' yang Melegenda

Jumat, 7 Juli 2023 18:55 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Molly Darlington
Cesar Azpilicueta resmi menyudahi 11 tahun kariernya di Liga Inggris (Premier League) usai memutuskan pergi meninggalkan Chelsea menuju Atletico Madrid. (Foto: REUTERS/Molly Darlington) Copyright: © REUTERS/Molly Darlington
Cesar Azpilicueta resmi menyudahi 11 tahun kariernya di Liga Inggris (Premier League) usai memutuskan pergi meninggalkan Chelsea menuju Atletico Madrid. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM - Cesar Azpilicueta resmi menyudahi 11 tahun kariernya di Liga Inggris (Premier League) usai memutuskan pergi meninggalkan Chelsea menuju Atletico Madrid.

Transfer tersebut diresmikan pada Kamis (06/07/23) lalu usai sang pemain Spanyol sepakat untuk menyudahi kontraknya satu tahun lebih cepa dang angkat kaki dari Stamford Bridge secara cuma-cuma.

Azpilicueta pindah setelah memainkan 508 pertandingan di segalang ajang dan mencetak 17 gol serta 56 assist.

Untuk Chelsea pun ia juga sudah mempersembahkan sembilan trofi mayor termasuk satu Liga Champions dan dua Liga Inggris.

Mungkin ketika Azpilicueta datang dari Olympique Marseille pada musim panas 2012 lalu, tidak ada fans Chelsea yang menyangkan jika nantinya pria asal Spanyol itu akan pergi dengan status legenda dan ikon klub.

Tidak ada yang tahu siapa sebenarnya bek kanan mungil yang bicara dengan bahasa Inggris seadanya lebih dari satu dekade lalu. Berbeda dengan para bintang Chelsea kebanyakan, harganya saat itu hanya 8 juta Euro.

Bahkan Cesar Azpilicueta mengakui sendiri jika keraguan loyalis London Biru padanya cukup beralasan seperti yang ia ungkapkan dalam video perpisahannya.

"Sulit mengungkapkan dengan kata-kata dan saya hanya bisa bilang ini semua luar biasa. Terima kasih pada semua orang yang membantu saya di Chelsea," beber Azpilicueta.

"Saya tiba di sini tanpa dikenal oleh semua orang dan pemain seperti apa saya sebenarnya tapi bisa pergi dengan perpisahan ini membuat saya bangga,"

"Dulu saya kemari hanya dengan membawa istri namun kini saya punya tiga anak-anak yang luar biasa. Semoga hubungan kita akan abadi," tambahnya lagi.