Liga 1

Alex Kamuru Bawa Pelajaran Berharga dari Inter Milan, Siap Bersaing di Liga 1

Minggu, 9 Juli 2023 13:46 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Garuda Select/Mola TV
Alexandro Felix Kamuru (bawah, no punggung 3) bersama skuat Garuda Select 5 jelang melawan Akademi Inter Milan. (Foto: Garuda Select/Mola TV) Copyright: © Garuda Select/Mola TV
Alexandro Felix Kamuru (bawah, no punggung 3) bersama skuat Garuda Select 5 jelang melawan Akademi Inter Milan. (Foto: Garuda Select/Mola TV)

INDOSPORT.COM - Pesepak bola Alexandro Felix Kamuru membawa pelajaran berharga dari Inter Milan, kini ia siap memperkuat Barito Putera di Liga 1 Indonesia 2023/24.

Beberapa waktu lalu, Alexandro Felix Kamuru menimba ilmu sepak bola di Eropa, dalam program Garuda Select 5. Salah satu pengalaman terbaiknya adalah melawan Inter Milan.

Untuk posisi fullback kiri, Alex Kamuru mungkin kalah saing dengan Jose Mendy, pemain Senegal yang juga membela skuad Garuda Select 5.

Namun, Alex Kamuru dipercaya oleh pelatih Garuda Select, Dennis Wise dan Des Walker untuk menjadi starting line up saat melawan Akademi Inter Milan. Itu adalah pengalaman tak terlupakan bagi pemain asal Papua itu.

"Saya sangat senang bisa mendapatkan pengalaman baru yang sangat berharga, bisa belajar kultur sepak bola di Eropa."

"Saya sangat bangga bisa bergabung dalam program Garuda Select," ungkap Alexandro Felix Kamuru saat ditemui awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Yang saya pelajari, bagaimana cara bermainnya akademi Inter Milan, dari pola taktikal yang sangat berbeda, cara bermain yang sangat bagus, beda dengan tim-tim di Indonesia maupun akademi di Indonesia."

Alex Kamuru mengingat satu pesan yang dilontarkan oleh legenda timnas Inggris, Des Walker, yang ia pegang teguh sampai kini kembali ke Indonesia dan main di Liga 1.

"Kata pelatih, jangan selalu ke dalam, dan selalu ke depan, bermain forward. Pokoknya arahkan bola selalu ke depan," imbuhnya.

Kini, di usia 17 tahun, Alex Kamuru sudah masuk dalam tim utama Barito Putera di Liga 1 2023/24, salah satu tim yang kerap memberikan menit bermain untuk pemain muda.