Liga 1

Kecewa Persebaya Dikerjai Wasit di Liga 1, Azrul Ananda Lapor Erick Thohir

Minggu, 9 Juli 2023 09:17 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Presiden Persebaya Surabaya, Azrul Ananda. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Presiden Persebaya Surabaya, Azrul Ananda.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Persebaya Surabaya melawan Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2023-2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (8/7/23), berakhir imbang 1-1.

Usai laga, bos Persebaya, Azrul Ananda, tiba-tiba menggelar konferensi pers. Dia menyoroti kepemimpinan wasit dan mengaku sudah melapor kepada Ketum PSSI, Erick Thohir.

“Setelah pertandingan saya langsung berkomunikasi sama Pak Ketum (Erick Thohir). Saya sangat terhormat dan terima kasih karena sangat responsif menanggapi penyampaian-penyampaian teman-teman klub,” kata Azrul Ananda.

Azrul juga memahami bahwa saat ini kompetisi Liga 1 belum menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Hal ini bakal menjadi keluhan klub-klub peserta.

“Saya berterima kasih sekali, Bang Erick Thohir sebagai ketua umum cepat sekali responsnya. Termasuk Waketum Bu Tisha yang sangat responsif,” ungkapnya.

Menurutnya, sentilan mengenai kepemimpinan wasit ini bukan semata-mata untuk Persebaya Surabaya saja mengingat kerugian juga dialami klub-klub lain. Mumpung kompetisi baru berjalan dua pekan, harus cepat dibenahi.

“Tapi demi kebaikan liga kita. Semangat liga, semangat PSSI-nya jangan sampai ada riak-riak di awal musim ini dapat menganggu mood semua klub. Besok kami layangkan surat untuk meminta dilakukan evaluasi,” lanjutnya.

"Kami bangga punya Ketum yang responsnya cepat sekali Harapan kami di saat penting, krusial sekarang di saat PSSI sedang semangat berbenah jangan sampai terjadi hal-hal menganggu di awal musim,” imbuh Azrul.

Tak melulu soal kepemimpinan wasit, Azrul Ananda juga melakukan evaluasi terhadap Persebaya Surabaya atas hasil imbang 1-1 kontra Barito Putera. Penampilan pemain di atas lapangan dianggap tidak sesuai ekspetasi.

“Tapi ini masih awal musim. Memang proses yang harus dijalani apa pun harus selalu memberikan energi positif. Kompetisi masih sangat panjang. Energi positif harus diteruskan walaupun performa dan hasilnya kurang,” pungkasnya.

Sementara itu, hasil imbang 1-1 melawan Barito Putera tidak banyak mempengaruhi posisi Persebaya Surabaya di klasemen sementara Liga 1 2023-2024.

Bajul Ijo masih menduduki urutan ke-3, sedangkan Barito Putera satu strip di atasnya, yaitu posisi ke-2. Kedua tim sama-sama mengoleksi empat poin dari dua pertandingan yang sudah dilakoni, tapi berbeda selisih gol.

Sedangkan pemuncak klasemen sementara Liga 1 hingga pekan ke-2 ditempati oleh Dewa United dengan total enam poin. Mereka baru saja menekuk juara bertahan PSM Makassar dengan skor 2-1 di Stadion BJ Habibie, Parepare.

KLASEMEN LIGA 1 2023/24