Liga 1

Obral Pemain Lagi, Arema FC Kembali Pinjamkan 4 Nama ke Klub Liga 2

Rabu, 12 Juli 2023 20:29 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Arema FC
Gelandang Arema FC, Ahmad Bustomi. Copyright: © MO Arema FC
Gelandang Arema FC, Ahmad Bustomi.

INDOSPORT.COM - Arema FC kembali mengobral para pemainnya di tengah menata fokus jelang Derby Jatim kontra Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Brawijaya, Sabtu (15/07/23) mendatang.

Setelah melepas 4 pemain muda, klub berlogo kepala singa juga mengambil keputusan yang sama untuk 4 pemain lainnya. Bedanya, mereka pemain senior.

Nama pertama adalah Gufroni Al Maruf, winger yang berstatus rekrutan baru dari Dewa United. Dia akan dipinjamkan menuju Persikab Bandung.

Sedangkan 3 nama lainnya adalah bagian tim berjulukan Singo Edan ketika menjalani sanksi laga usiran sepanjang putaran dua Liga 1 2022/2023 lalu.

Ketiga adalah Ahmad Bustomi, Ikhfanul Alam dan Iman Budi Hernandi yang juga berstatus pinjaman di Persikab Bandung, yang berkompetisi di Liga 2.

Peminjaman mereka disinyalir kuat untuk melindungi potensi. Karena jika bertahan di klub berlogo kepala singa, hampir pasti kesempatan bermain akan tertutup.

Alasan inilah yang sebelumnya juga ditempuh oleh Arema FC, ketika meminjamkan 3 pemain mudanya ke klub Liga 2.

Rendra Teddy menuju Deltras FC, Hamzah Titofani Rivaldi dan Kevin Armedyah ke Sumut FC (Karo United). Sedangkan Seiya Da Costa Lay mundur dari tim.

"Keputusan-keputusan strategis memang harus dilakukan," bilang Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas melalui rilis resmi klub, pada Rabu (12/07/23).

"Kami harus berpikir ke depan. Berpikir panjang juga untuk masa depan pemain," imbuh figur yang juga seorang pengusaha di Malang tersebut.

Tak Masuk Proyeksi

Yang menarik, Ahmad Bustomi, Iman Budi Hernandi dan Ikhfanul Alam ternyata masih punya kontrak kerja bersama Arema FC hingga 2024 mendatang.

Namun, ketiganya harus terdepak dari skuad tim lantaran tak masuk ke dalam proyeksi susunan duet pelatih Joko Susilo dan I Putu Gede musim 2023/2024.

Maka dari itu, opsi peminjaman menjadi paling pas. Lantaran Arema FC juga punya opsi lagi menarik mereka jika tenaganya dibutuhkan.

"Sudah ada kesepakatan mengenai hal ini (peminjaman pemain ke klub lain)," Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas menjelaskan Rabu (12/07/23).

"Untuk tiga pemain, Ahmad Bustomi, Iman Budi Hernandi dan Ikhfanul Alam memang habis pada tahun depan," sambung Wiebie.

Ikhfanul Alam lebih dulu berada di skuad Tim Singo Edan sejak 2021 lalu. Dia kemudian mendapat perpanjangan kontrak 2 tahun (2022-2024).

Sedangkan Ahmad Bustomi dan Iman Budi Hernandi datang pada putaran dua, Januari 2023 dari PSMS Medan. Mereka dikontrak untuk 1,5 musim (2023-2024).

Dengan demikian, komposisi pemain Arema FC semakin menyusut. Dari yang sebelumnya 33 nama, kini menjadi 25 nama setelah 8 nama dilepas.