Liga 1

Hasil Sidang Komdis PSSI Pekan Kedua Liga 1: PSM Makassar Banjir Denda dan Sanksi

Jumat, 14 Juli 2023 20:02 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Komdis PSSI memberi sanksi pemain PSM Makassar, Erwin Gutawa (kiri) larangan dua pertandingan Liga 1 dan denda Rp10 juta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Komdis PSSI memberi sanksi pemain PSM Makassar, Erwin Gutawa (kiri) larangan dua pertandingan Liga 1 dan denda Rp10 juta.

INDOSPORT.COM - Komite Disiplin (Komdis) PSSI telah melakukan sidang pada 13 Juli 2023 dan memutuskan sanksi dan denda untuk empat klub akibat pelanggaran regulasi di pekan kedua Liga 1 2023/2024

Klub pertama yang kena denda adalah Klub PSM Makassar. Tim Juku Eja disanksi penutupan sebagian stadion (tribun selatan) sebanyak satu pertandingan saat menjadi tuan rumah, sejak keputusan diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat dan didenda Rp25 juta.

Itu karena terjadi keributan antar sesama suporter PSM yaitu PSM Fans dan CSM di tribun selatan, serta terjadi saling lempar antara kedua kelompok suporter saat PSM Makassar vs Dewa United di pekan kedua Liga 1 2023/2024 pada 8 Juli lalu.

Komdis PSSI juga menetapkan denda ke panitia pelaksana pertandingan PSM Makassar senilai Rp20 juta. Itu buntut dari terjadi keributan antar sesama suporter di tribun selatan serta terjadi saling lempar antara kedua kelompok suporter.

Untuk PSM Fans, Komdis PSSI melarang mereka menggunakan atribut sebanyak lima pertandingan home sejak keputusan diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat.

Sanksi yang sama juga diberikan Komdis PSSI untuk basis suporter CSM (PSM Makassar).

Sementara itu, pemain PSM Makassar, Erwin Gutawa dilarang bermain sebanyak dua pertandingan sejak keputusan diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat. Dia juga didenda Rp10 juta.

Erwin Gutawa dilaporkan menginjak bagian tubuh pemain lawan serta mendapatkan kartu merah langsung saat lawan Dewa United pada 8 Juli lalu.

Masih dalam laga yang sama, pemain Dewa United, Dimitrios Kolovos pun dilarang bermain sebanyak tiga pertandingan sejak keputusan diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat. Dia juga didenda Rp10 juta.

Kolovos disebut melakukan gerakan tambahan dengan menendang pemain lawan atau dari PSM Makassar.

Klub selanjutnya yang dihukum Komdis PSSI adalah Barito Putera. Tim Laskar Antasari didenda Rp50 juta akibat terlambat memasuki lapangan pada babak kedua melawan Persebaya Surabaya pada 8 Juli lalu, sehingga membuat pertandingan babak kedua mundur selama 97 detik.

Selanjutnya, Borneo FC didenda Rp50 juta karena ada lima pemain yang mendapat kartu kuning dalam satu pertandingan. Itu terjadi saat lawan Bali United pada 8 Juli 2023.