In-depth

Profil Mohammed Rashid, Eks Maung Bandung yang Resmi Gantikan Nouri di Bali United

Jumat, 14 Juli 2023 10:11 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© FIFA
Profil Mohammed Rashid yang resmi didaftarkan Bali United sebagai pengganti Brwa Nouri pada lanjutan Liga 1 2023-2024. Copyright: © FIFA
Profil Mohammed Rashid yang resmi didaftarkan Bali United sebagai pengganti Brwa Nouri pada lanjutan Liga 1 2023-2024.

INDOSPORT.COM - Mohammed Rashid resmi didaftarkan Bali United sebagai pengganti Brwa Nouri pada lanjutan Liga 1 2023-2024. Apa istimewanya Rashid hingga dipilih sebagai pengganti Nouri? Simak profil Mohammed Rashid berikut ini!

Rashid baru diperkenalkan Bali United pada Jumat (14/7/23). Perkenalan Rashid dilakukan selang sehari setelah rilis penghentian kerja sama dengan Brwa Nouri.

Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah memberi bocoran pada Kamis (13/7/23) malam. Nama Rashid ternyata sudah ada dalam list pemain Bali United di laman resmi LIB.

Artinya, Rashid memang sudah didaftarkan sebagai pemain asing keenam musim ini. Lebih mengejutkan lagi, Rashid ternyata sudah mengikuti sesi latihan bersama Tegar Infantrie dkk.

Rashid berpotensi menjalani debut bersama Bali United di Liga 1 2023-2024 pada Sabtu (15/7/23) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Bali United akan bertemu tim kuat, Madura United.

Tak Sulit Adaptasi

Rashid gabung Bali United tanpa melalui proses pramusim. Biasanya, para pemain asing akan kesulitan pada aksi pertama bersama klub barunya.

Namun, Rashid adalah pemain yang berbeda. Meski baru diperkenalkan Bali United, Rashid sudah memiliki pengalaman bermain di Liga 1.

Publik masih ingat betapa Rashid menjadi bagian penting Persib Bandung pada Liga 1 2021-2022 lalu. Rashid bermain dalam 27 pertandingan dengan berperan sebagai gelandang.

Meski bukan pemain yang diplot lebih menyerang, Rashid terbilang produktif bersama Persib. Gelandang bertinggi 183 sentimeter ini mencetak enam gol pada musim perdananya di Indonesia.

Catatan itulah yang membuat Rashid diprediksi bakal cepat beradaptasi dengan Bali United. Apalagi pada pekan ini Rashid sudah berlatih dengan tim Serdadu Tridatu.

Pengalaman Internasional

Jika berbicara pengalaman internasional, pemain asing Liga 1 bakal sulit menandingi Brwa Nouri. Ia merupakan salah satu pemain asing terbaik yang pernah bermain di Liga 1.

Saat menjabat sebagai kapten tim Ostersunds FK, Nouri pernah memimpin timnya mengalahkan Arsenal di Emirates Stadium pada Europa League 2017-2018.

Namun begitu, karir internasional Rashid terbilang tak jelek-jelek amat. Bersama tim nasional Palestina, Rashid merupakan pilihan utama untuk sektor gelandang tengah.

Rashid konsisten jadi pilihan Timnas Palestina sejak tahun 2018. Pada Juni lalu, Rashid dipanggil untuk pertandingan uji coba melawan Indonesia dan China.

Pada kualifikasi Piala Asia 2023, Rashid sukses mengantarkan Palestina menang atas Yaman 5-0, Palestina 4-0 dan Mongolia 1-0. Rashid menyumbang satu gol ke gawang Yaman.

Sementara di level klub, Rashid pernah main di AFC Cup 2020 bersama tim Palestina, Hilal Al-Quds. Rashid bermain penuh dalam empat pertandingan dengan menyumbang satu gol.

Calon Duet Rashid

Di Bali United, ada dua posisi yang kemungkinan bisa diperankan Rashid. Posisi itu adalah gelandang bertahan, seperti Brwa Nouri, ataupun gelandang tengah.

Eber Bessa jelas menjadi salah satu calon duet di lini tengah Bali United. Eber Bessa selalu diperankan sebagai gelandang serang sejak musim 2021-2022.

Satu pemain lain yang akan melengkapi sektor tengah dalam formasi 4-2-3-1 adalah Muhammad Sidik Saimima. Dalam dua partai awal Liga 1, Saimima rutin menjadi pilihan Teco.

Bali United juga masih memiliki Fadil Sausu, Tegar Infantrie, I Made Tito Wiratama, Kadek Agung Widnyana hingga Ramdani Lestaluhu.