Liga 1

Barito Puncaki Klasemen Liga 1, Rahmad Darmawan Selamatkan Wajah Pelatih Lokal

Sabtu, 15 Juli 2023 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Barito Putera
Rahmad Darmawan saat memimpin latihan Barito Putera. Copyright: © Barito Putera
Rahmad Darmawan saat memimpin latihan Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Rahmad Darmawan sukses membawa Barito Putera ke puncak klasemen Liga 1 Indonesia 2023/2024, dan selamatkan wajah pelatih lokal.

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 1 2023-2024 'dijajah' oleh pelatih asing. Hanya empat pelatih lokal yang masih dipercaya untuk menukangi tim di kasta tertinggi.

Mereka adalah Rahmad Darmawan dari Barito Putera, Aji Santoso dari Persebaya Surabaya, Putu Gede dari Arema FC, dan Agus Sugeng Riyanto dari Bhayangkara FC.

Memasuki laga pekan ketiga, Barito sukses memuncaki klasemen Liga 1 2023-2024 dengan berbekal dua kemenangan dan satu kali imbang.

Barito berhasil meraih kemenangan atas Persita Tangerang (2-0) dan PSS Sleman (3-1), lalu bermain imbang saat tandang ke markas Persebaya Surabaya (1-1).

Laskar Antasari mengoleksi 7 poin dan belum terkalahkan dari tiga penampilan terakhir, memastikan tim asal Kalimantan Selatan itu menjadi pemuncak klasemen Liga 1.

Sebagai pelatih lokal, kecerdasan Rahmad Darmawan alias RD mendapat apresiasi dari pelatih asing PSS Sleman, Marian Mihail. RD jadi salah satu ancaman di Liga 1 2023-24.

"Kami kecewa karena kalah di laga ini. Namun kami juga harus akui superioritas Barito Putera," ungkap Marian Mihail saat sesi konferensi pers paska pertandingan.

"Mereka lakukan serangan dengan cepat dan juga kreatif. Mereka bermain menekan dengan bagus. Saya ucapkan selamat untuk coach Rahmad Darmawan," lanjut Mihail.

Sukses membawa Barito Putera ke puncak klasemen sementara Liga 1 2023-24, pelatih Rahmad Darmawan mengaku ogah jemawa dan fokus menatap laga berikutnya.

Menurut pelatih yang akrab disapa RD itu, klasemen dapat berganti dengan cepat di setiap hari. Tugasnya adalah memastikan anak asuhnya tetap bermain konsisten.

"Klasemen bisa berganti, baru pekan ketiga. Kalau dihitung masih ada 31 laga lagi. Maka saya hanya meminta pemain tetap fokus dan konsentrasi," ungkap Rahmad.

Sementara mengenai posisinya sebagai pelatih lokal di tengah gempuran pelatih asing, RD mengaku berusaha semaksimal mungkin agar tidak kalah dari pelatih impor.

"Mengenai posisi saya sebagai pelatih, alhamdulillah saya jadi salah satu pelatih lokal yang tersisa, dan saya akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga profesi saya."

"Untuk ke depannya, kita lihat saja. Saya berharap bisa mempertahankan selama mungkin (di Barito)," lanjut mantan pelatih Persija Jakarta dan Sriwijaya FC tersebut.

Salah satu pembuktian Rahmad Darmawan adalah membawa Barito Putera menang 3-1 atas PSS Sleman. Padahal dari empat laga sebelunnya, Laskar Antasari selalu kalah setiap kali melawan Laskar Sembada.

Setelah ini, Barito Putera akan menghadapi Borneo FC pada Jumat (21/7/23) petang, dan disusul laga kontra Madura United (30 Juli).