Liga 1

Persib Pilih Hargai Keputusan Luis Milla Lalu Bergegas Cari Pelatih Baru

Sabtu, 15 Juli 2023 18:54 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla (kanan). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla (kanan). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persib Bandung menghargai keputusan Luis Milla yang memutuskan untuk mundur dari posisinya sebagai pelatih, sehingga saat ini manajemen segera mencari sosok pengganti di sisa Liga 1 Indonesia 2023/24.

Menurut Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, keputusan Luis Milla untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih sangat mendadak.

Pasalnya, Liga 1 2023-2024 baru saja bergulir dan perjuangan tim kebanggaan Bobotoh di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia masih sangat panjang.

"Seperti yang dikatakan oleh Pak Umuh, memang informasi dari Luis Milla yang diinformasikan ke kami itu sangat mendadak," kata Teddy Tjahjono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (15/7/23).

Meski demikian, manajemen harus menghargai keputusan yang diambil oleh Luis Milla, pasalnya mantan pelatih timnas Indonesia ini memiliki keperluan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan.

Sehingga, untuk menyelesaikan persoalan itu, Luis Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian serta konsentrasinya. 

"Dengan informasi dan keputusan yang sudah diambil oleh Luis Milla, ya kita tetap harus menghormati keputusan tersebut karena memang ada masalah pribadi, keluarga yang memang harus kita hormati, bahwa itu sudah diputuskan oleh beliau," jelasnya.

Manajemen Persib menurut Teddy, harus siap melalui tantangan ini dan skuad Maung Bandung akan tetap berjuang menyelesaikan kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 yang baru bergulir tiga pekan.

Selain itu, manajemen Persib sudah mulai membahas terkait rencana untuk mendatangkan pengganti Luis Milla. Namun, Teddy belum bisa menyebutkan kandidat yang akan mengikuti posisi pelatih Maung Bandung.

"Sehingga kita tetap harus berjalan, untuk menghadapi tantangan ini, dan kami di internal sudah mulai mencari calon pelatih pengganti," ujarnya.

Manajemen Persib sendiri menurut Teddy Tjahjono, berharap tim kebanggaan Bobotoh bisa segera mendapatkan pelatih baru, untuk menggantikan posisi Luis Milla.

"Kami akan segera melakukan review kandidat yang ada. Jadi, mudah-mudahan saja bisa secepatnya bisa menemukan pengganti Luis Milla," jelasnya.

Keputusan Luis Milla untuk mundur, diikuti juga oleh Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez. Mereka, memutusakan untuk mundur dari jajaran staf pelatih. 

Sehingga, selama kursi pelatih Persib kosong, manajemen skuad Maung Bandung akan menugaskan pelatih fisik, Yaya Sunarya, untuk memimpin tim kebanggaan Bobotoh di pertandingan Liga 1 2023-2024 selanjutnya.

"Karena memang para asisten adalah satu kesatuan dengan Luis Milla, maka semuanya akan mundur, dan untuk sementara sudah kami diskusikan. Direksi dan komisaris memutuskan Pak Yaya untuk menjadi caretaker sampai ada pelatih baru," tegasnya.

Persib sendiri, sejauh ini sudah melakoni tiga pertandingan di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, yakni menghadapi Madura United, Arema FC dan Dewa United.

Pada tiga pertandingan tersebut, tim kebanggaan Bobotoh hanya mampu meraih tiga poin, lantaran dalam tiga laga itu skuad Maung Bandung bermain imbang.

Selanjutnya, pada pekan keempat kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, tim Persib bakal melakoni pertandingan tandang menghadapi PSM Makassar di Stadion Gelora B.J Habibie, 22 Juli mendatang.