Timnas Indonesia

Erick Thohir Kirim Timnas Indonesia U-17 ke Jerman untuk TC Piala Dunia U-17

Minggu, 16 Juli 2023 18:01 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Ketum PSSI, Erick Thohir menyambangi pelatih VAR kepada para wasit Liga 1 dan Liga 2 di Jakarta, Jumat (07/07/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Ketum PSSI, Erick Thohir menyambangi pelatih VAR kepada para wasit Liga 1 dan Liga 2 di Jakarta, Jumat (07/07/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut timnas Indonesia U-17 tidak jadi berlatih di Qatar. Sebagai gantinya, dia mengalihkan TC ke Jerman.

Timnas Indonesia U-17 sedang melakukan seleksi sebagai bentuk persiapan tampil di panggung Piala Dunia U-17 2023. Pelatih Bima Sakti masih terus mencari pemain terbaik yang akan membawa nama negara.

Saat ini, sudah ada 34 pemain yang mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta, namun Bima Sakti tidak berhenti blusukan mencari talenta pemain muda berbakat lainnya.

Semuanya dilakukan demi menciptakan skuat timnas Indonesia U-17 yang kuat dan berkualitas untuk tampil di Piala Dunia U-17. PSSI mengambil peran krusial dalam menyiapkan segala kebutuhan untuk Garuda Asia.

Bahkan, PSSI sudah menyiapkan agenda TC di luar negeri. Bila sebelumnya akan dikirim ke Qatar dan Eropa, sepertinya salah satu destinasi timnas Indonesia U-17 dicoret.

Diutarakan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bahwa nantinya timnas Indonesia U-17 tidak jadi dikirim ke Qatar. Permasalahan cuaca yang sangat panas menjadi dasar alasan pembatalan.

"Kami ada rencana TC di Qatar, cuma karena udara terlalu panas, jadi kami langsung potong fokus di Indonesia dan Jerman selama dua bulan," ucap Erick Thohir saat ditemui di final Liga Topskor di Sentul, Jawa Barat.

Erick pun menjelaskan, nantinya saat berlatih di Jerman, pelatih timnas Indonesia U-17 didampingi oleh sosok Direktur Teknik yang namanya masih dirahasiakan.

"Saat bersamaan itu ada direktur teknik, advicer (pendamping Bima Sakti), pelatih pendamping yang kami sedang kejar tanda tangannya.  Mendampingi Coach Bima selama empat bulan," jelas Erick Thohir.

"Nanti datang ke Indonesia, full mendampingi di Jerman, baru nanti Piala Dunia juga mendampingi, baru nanti dilihat lagi kelanjutannya," ucapnya.

Erick pun mengatakan memang menyiapkan timnas Indonesia U-17 untuk proyek jangka panjang. Sehingga, mereka bukan hanya disiapkan untuk tampil di panggung Piala Dunia U-17 semata.

"Timnas Indonesia U-17 ke Jerman antara September Oktober. Kami akan menyiapkan tim U-17 jangka panjang, apalagi 2025 kan ada Piala Dunia U-20," tukas Erick Thohir.