Timnas Indonesia

Pemain Keturunan Aaron Suitela Nyanyi Lagu Indonesia Raya, Kode ke Piala Dunia U-17?

Minggu, 9 Juli 2023 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram @abroadnesia
Aaron Liam Suitela, pemain berdarah Indonesia-Turki yang membela klub Australia (Foto: IG @abroadnesia). Copyright: © Instagram @abroadnesia
Aaron Liam Suitela, pemain berdarah Indonesia-Turki yang membela klub Australia (Foto: IG @abroadnesia).

INDOSPORT.COM - Pemain keturunan Indonesia di luar negeri, Aaron Liam Suitela, menyanyikan lagu Indonesia Raya, apakah kode ingin bermain di Piala Dunia U-17?

Diketahui, Indonesia ditunjuk FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, menggantikan Peru yang tidak siap secara sarana dan prasarana.

Piala Dunia U-17 tahun ini dijadwalkan pada 10 November hingga 2 Desember mendatang. Ada 24 tim yang akan bertanding berebut trofi bergengsi, salah satunya timnas Indonesia U-17.

Mengingat ini adalah kompetisi level dunia, banyak yang berharap skuad Garuda Muda diperkuat pemain diaspora atau keturunan yang punya pengalaman mumpuni di Eropa.

Di antara sekian banyak pemain diaspora, ada satu sosok pemain muda yang dinilai layak membela timnas Indonesia di Piala Dunia U-17. Ia adalah Aaron Liam Suitela.

Aaron Suitela adalah pemain keturunan Indonesia yang sempat mencuri perhatian karena diundang untuk trial di Clube Atletico Mineiro, klub kasta tertinggi Liga Brasil.

Dilansir dari berbagai sumber, Aaron Suitela merupakan pemain berdarah Indonesia dan Turki. Ia lahir di Melbourne, Australia, pada 3 Juni 2007, sehingga masih bisa bermain di Piala Dunia U-17 2023.

Aaron Suitela memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ayah, Doddy Suitela yang berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Sementara sang ibu berasal dari Turki.

Aaron Suitela terakhir kali bermain di klub kasta kedua Liga Australia, Bulleen Lions FC. Namun belum lama ini, Aaron diundang untuk trial di Clube Atletico Mineiro, Brasil.

Dengan pencapaian yang luar biasa di usia muda, banyak yang berharap agar Aaron Suitela dipanggil untuk membela timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.