Timnas Indonesia

Sepasang Sepatu dan Doa Ibu, Kunci Iqbal Gwijangge Tatap Piala Dunia U-17 2023

Sabtu, 8 Juli 2023 12:19 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Barito Putera
Kapten Timnas Indonesia U-17, Muhammad Iqbal Gwijangge saat teken kontrak di klub Liga 1 Barito Putera, didampingi sang ibu, Besinah Haluk. (Foto: Barito Putera) Copyright: © Barito Putera
Kapten Timnas Indonesia U-17, Muhammad Iqbal Gwijangge saat teken kontrak di klub Liga 1 Barito Putera, didampingi sang ibu, Besinah Haluk. (Foto: Barito Putera)

INDOSPORT.COM - Sepasang sepatu dan doa seorang ibu membawa Iqbal Gwijangge ke Timnas Indonesia U-17, dan selangkah menuju Piala Dunia U-17 2023.

Muhammad Iqbal Gwijangge adalah kapten yang berjasa membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 lalu.

Tak hanya bertindak sebagai kapten, Iqbal Gwijangge tampil apik di lini pertahanan Garuda, sehingga diganjar dengan titel pemain terbaik Piala AFF U-16 2022.

Walaupun Timnas Indonesia U-17 gagal menembus Piala Asia U-17 2023 karena ia mengalami cedera, tetapi Iqbal percaya jika Tuhan menyiapkan rencana yang lebih baik.

Benar saja, kini Timnas Indonesia U-17 akan bermain di Piala Dunia U-17 2023, dengan status sebagai tuan rumah. Iqbal kembali digadang-gadang akan menjadi kapten tim.

Bicara soal sepak bola, Iqbal Gwijangge mengaku mewarisi darah atlet dari sang ibu, Besinah Haluk, yang ternyata seorang atlet angkat besi dan mewakili Sumedang, Jawa Barat.

Sebagai atlet, Besinah Haluk menghabiskan banyak waktu di GOR Padjajaran, Bandung. Iqbal juga menghabiskan masa kecilnya di sana, sehingga melihat banyak pilihan cabor.

"Setiap hari saya ikut Mama saya di GOR Padjajaran, Mama saya latihan di sana. Saya juga tidur di sana, ada mess gitu. Jadi saya dari TK ikut Mama terus," tutur Iqbal saat ditemui awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Tetapi karena saya suka sepak bola, Mama saya tetap mendukung, memasukkan saya ke salah satu SSB di Bandung," jelas pesepak bola berusia 16 tahun tersebut.

Pada tahun 2016 silam, Besinah Haluk memutuskan pensiun sebagai atlet angkat besi. Ia pun mencurahkan fokusnya untuk mendukung Iqbal di kancah sepak bola.