Timnas Indonesia

Bangga! Kapten Timnas Indonesia U-17 Iqbal Gwijangge Lolos Tim Liga 3 Hungaria

Rabu, 5 Juli 2023 08:49 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Muhammad Iqbal Gwijangge (tengah) saat menjadi kapten Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Muhammad Iqbal Gwijangge (tengah) saat menjadi kapten Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM - Kapten timnas Indonesia U-17, Muhammad Iqbal Gwijangge, meraih beasiswa untuk menimba ilmu di Puskas Akademia FC, hingga lolos ke Liga 3 Hungaria.

Kilas balik beberapa waktu lalu, timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022. Kapten Muhammad Iqbal Gwijangge dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Meski ia gagal membawa timnas Indonesia melaju ke Piala Asia U-17, Iqbal mendapatkan apresiasi berupa beasiswa untuk menimba ilmu sepak bola di Hungaria.

Iqbal Gwijangge menimba ilmu sepak bola di Hungaria selama enam bulan, terhitung sejak Februari silam, dan pulang ke Indonesia pada akhir Juni kemarin.

Iqbal Gwijangge saat ini bergabung dalam skuat Barito Putera di Liga 1 2023/24. INDOSPORT berkesempatan untuk berbincang dengan Iqbal secara eksklusif.

"Alhamdulillah saya bisa terpilih mendapat beasiswa ke Puskas Akademia di Hungaria. Kayaknya sih awalnya dari Piala AFF U-16 tahun lalu, saya mendapat predikat pemain terbaik."

"Mungkin dari situ Direktur Teknik PSSI melihatnya, dan saya dikasih beasiswa, diberi kesempatan untuk berlatih di Hungaria," tutur Iqbal kepada INDOSPORT, Senin (3/7/23).

"Alhamdulillah selama saya di sana, saya mendapat ilmu yang banyak sekali tentang kultur sepak bola dan cara bermain orang di sana, itu ilmu yang bisa saya bawa seumur hidup."

"Mereka sangat disiplin. Sebelum latihan, setiap pemain itu pasti ada sesi individual masing-masing. Ada yang melakukan core training, dan lain-lain," jelas Iqbal.

"Setelah latihan juga ada sebagian pemain yang melakukan recovery setelah latihan, stretching lagi, dan itu bagus juga untuk menghindari cedera," imbuhnya.