Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Arema FC Bungkus Kiper Filipina Eks Fulham Julian Schwarzer

Rabu, 19 Juli 2023 16:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram @julianschwarzergarcia
Julian Schwarzer Garcia dirumorkan ke Arema FC (Foto IG @julianschwarzergarcia) Copyright: © Instagram @julianschwarzergarcia
Julian Schwarzer Garcia dirumorkan ke Arema FC (Foto IG @julianschwarzergarcia)

INDOSPORT.COM - Jelang H-1 penutupan bursa transfer Liga 1 Indonesia 2023-2024, Arema FC masih coba mendatangkan kiper asing Filipina, Julian Schwarzer Garcia.

Bursa transfer Liga 1 2023-2024 akan ditutup pada Kamis (20/7/23). Namun, masih ada beberapa klub yang belum melengkapi kuota pemain asing, termasuk Arema FC.

Meski begitu, Aremania nampaknya tak perlu khawatir, karena Arema dirumorkan sudah mencapai kesepakatan dengan penjaga gawang berpaspor Filipina.

Sosok yang dimaksud adalah Julian Schwarzer, yang akan melengkapi kuota pemain asing Asia Tenggara di Arema FC.

Kabar itu sudah beredar luas di media sosial, salah satunya dari akun Twitter @Indostransfer yang kerap membagikan informasi seputar rumor transfer tim Liga 1.

"Bukan asal Thailand, kiper berkebangsaan Filipina, Julian Schwarzer (23) dikabarkan bakal gabung Arema FC," tertulis di akun Twitter @Indostransfer pada Sabtu (19/07/23).

"Anak dari mantan penjaga gawang timnas Australia, Mark Schwarzer tersebut sebelumnya bermain untuk klub Malaysia, Kuching City FC (1st tier)," lanjutnya.

Menyabut nama Mark Schwarzer, tentu teringat dengan kiprahnya bersama Chelsea pada era 2013-2015 silam.

Latar belakang Julian Schwarzer ternyata juga bukan kaleng-kaleng. Kiper berusia 23 tahun itu pernah membela salah satu klub besar Liga Inggris, yakni Fulham U-18 dan U-21.

Kehadiran Julian Schwarzer sebagai kiper asing berpengalaman, memberi harapan besar bagi Arema FC untuk bangkit di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Maklum, musim ini mereka kehilangan sosok kiper asing tangguh Adilson Maringa, yang merapat ke Bali United.

Dua pekan awal, Arema FC mengandalkan Teguh Amiruddin. Namun ia kebobolan satu gol dari Dewa United FC, dan tiga gol saat menghadapi Persib Bandung.

Pekan ketiga, pelatih coba memasang Adixi Lenvizio di bawah mistar gawang, namun hasilnya lebih buruk lagi, Arema kebobolan lima gol dari Persik Kediri.

Arema FC kini menghuni zona merah klasemen sementara Liga 1, karena hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan.

Naasnya, memasuki pekan ke-4, Singo Edan harus menghadapi lawan tangguh, yaitu Bali United FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (21/07/23) malam WIB.

Pelatih Arema FC, Joko 'Gethuk' Susilo mengatakan kondisi timnya tengah diterpa badai cedera paska meladeni Persik Kediri. Seluruh pemain asing mereka belum prima.

Dalam sesi latihan di Stadion Gajayana, nampak Gustavo Almeida, Ariel Lucero, Charles Lokolingoy, Charles Raphael, dan Ichaka Diarra ikut berlatih secara terpisah.

Kabar kedatangan kiper asing Julian Schwarzer setidaknya memberi angin segar bagi Arema FC. Sang kiper kabarnya akan segera menyusul ke Bali, dan mungkin akan menjalani debut di Pulau Dewata.

Meski begitu, sampai saat ini Arema masih belum mengumumkan secara resmi perekrutan kiper asing Julian Schwarzer, padahal bursa transfer Liga 1 akan tutup pada Kamis besok.