Liga Indonesia

Diperkuat Eks Arema FC, Persikab Masih Rahasiakan Komposisi Tim untuk Liga 2

Kamis, 20 Juli 2023 13:18 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© MO Arema FC
Mantan gelandang Arema FC, Ahmad Bustomi. Copyright: © MO Arema FC
Mantan gelandang Arema FC, Ahmad Bustomi.

INDOSPORT.COM - Manajemen Persikab Bandung masih merahasiakan komposisi pemain dan tim pelatih untuk persiapan mengarungi Liga 2 musim 2023/24.

Meski demikian, kabar Persikab akan diperkuat oleh beberapa pemain sarat pengalaman untuk kompetisi musim 2023-2024 sudah ramai di media sosial.

Beberapa pemain yang dikabarkan bergabung dengan Persikab berasal dari Arema FC. Sebanyak empat pilar klub berlogo kepala singa ini merapat ke skuat Laskar Dalem Bandung.

Nama pertama adalah Gufroni Al Maruf, winger yang berstatus rekrutan baru dari Dewa United. Sedangkan tiga nama lainnya adalah bagian tim berjulukan Singo Edan ketika menjalani sanksi laga usiran sepanjang putaran kedua Liga 1 2022/23.

Ketiganya adalah Ahmad Bustomi, Ikhfanul Alam dan Iman Budi Hernandi, mereka bergabung dengan Persikab Bandung yang berkompetisi di Liga 2 dengan status pinjaman.

Persikab memang belum mengumumkan secara resmi daftar pemain dan jajaran pelatih untuk mengarungi kompetisi Liga 2 2023-2024, meski mereka sudah menggelar persiapan selama sebulan terakhir.

Bahkan, Persikab sudah melakukan persiapan di luar Bandung yakni di Surabaya, di Kota Pahlawan tersebut Laskar Dalem Bandung menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC).

Presiden Persikab Bandung, Eddy Moelyo, sebelumnya kepada INDOSPORT mengatakan, akan segera mengumumkan skuad Laskar Dalem Bandung melalui akun media sosial klub.

Eddy menuturkan, pihaknya sengaja belum mempublikasikan transfer pemain dan kegiatan Persikab, agar tim fokus dan sekaligus menjadi bagian dari startegi tim untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 2 2023-2024.

"Sudah (terbentuk tim). Nanti kita sampaikan (nama pelatih) sekaligus dengan pemain-pemain. Nanti disampaikan di Medsos Persikab dulu, buat surprise," kata Eddy Moelyo kepada INDOSPORT beberapa hari lalu.

Sementara itu, Arema FC sendiri sudah memberikan konfirmasi terkait keputusan untuk melepas beberapa pemainnya ke klub Liga 2 dengan status pinjaman.

"Keputusan-keputusan strategis memang harus dilakukan," kata Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas melalui rilis resmi klub, pada Rabu (12/07/23).

"Kami harus berpikir ke depan. Berpikir panjang juga untuk masa depan pemain," ucap figur yang juga seorang pengusaha di Malang tersebut.

Ahmad Bustomi, Iman Budi Hernandi dan Ikhfanul Alam, ternyata masih punya kontrak kerja bersama Arema FC hingga 2024 mendatang.

Namun, ketiganya harus terdepak dari skuad Singo Edan lantaran tak masuk ke dalam proyeksi susunan duet pelatih Joko Susilo dan I Putu Gede musim 2023-2024.

Maka dari itu, peminjaman menjadi opsi yang paling pas diambil oleh tim pelatih. Lantaran, Arema FC juga punya pilihan lagi menarik mereka jika tenaganya dibutuhkan.

"Sudah ada kesepakatan mengenai hal ini (peminjaman). Untuk tiga pemain, Ahmad Bustomi, Iman Budi Hernandi dan Ikhfanul Alam memang habis pada tahun depan," kata Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas, Rabu (12/7/23).

Sebagai informasi, Ikhfanul Alam lebih dulu berada di Arema FC sejak 2021 lalu. Dia kemudian mendapat perpanjangan kontrak berdurasi dua tahun (2022-2024).

Sedangkan Ahmad Bustomi dan Iman Budi Hernandi, keduanya didatangkan pada putaran dua, Januari 2023 dari PSMS Medan. Mereka dikontrak dengan durasi 1,5 musim (2023-2024).