Liga 1

Hasil Liga 1: Borneo FC vs Barito Putera Berakhir 2-1 Berkat Stefano Lilipaly

Jumat, 21 Juli 2023 17:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Borneo FC. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Borneo FC.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Liga 1 Indonesia 2023/24 antara Borneo FC vs Barito Putera, Jumat (21/7/23) pukul 15.00 WIB, berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Bertanding di Stadion Segiri Samarinda, Borneo FC selaku tuan rumah berhasil memetik tiga poin usai mengalahkan Barito Putera dengan skor 2-1.

Stefano Lilipaly berhasil menjadi man of the match di laga Borneo FC vs Barito Putera usai mencatatkan assist untuk gol Leo Lelis di menit ke-9 dan satu gol untuk dirinya sendiri di menit ke-57.

Ada pun Barito Putera hanya mampu mencetak gol semata wayang oleh pemain pengganti, Hasim Kipuw di menit ke-81.

Babak pertama Derby Papadaan ini berlangsung sengit. Menurut statistik, Borneo FC dan Barito Putra berbagi kepemilikan bola yakni 52 persen dan 42 persen di paruh pertama.

Baru menit ke-9, Leo Lelis membuka keunggulan untuk Borneo. Berawal dari set piece cantik dari Lilipaly melalui sepakan pojok , Lelis menyambar dengan sundulan dan tidak mampu dijangkau Ega Rizky.

Menit ke-17, Nadeo nyaris melakukan blunder fatal dengan maju terlalu jauh. Beruntung, gawangnya masih aman setelah tendangan chip Rizky Pora masih terlalu tinggi.

Hingga babak pertama berakhir tidak ada tambahan gol tercipta lagi. Skor sementara untuk keunggulan Borneo FC 1-0 atas Barito Putera.

Berlanjut di babak kedua, Borneo FC menggandakan keunggulan 2-0 di menit ke-57. Kali ini Lilipaly sukses mencatatkan namanya di papan skor usai menggocek bek asing Barito Putera Renan Alves.

Pada menit ke-83, Hasim Kipuw memberi kejutan untuk memperkecil kedudukan menjadi 2-1.  Bola hasil rebound tendangan Kipuw gagal dihalau Nadeo yang sepertinya kurang fokus.

Barito dan Borneo masih mencoba mencari gol tambahan di menit-menit akhir. Tetapi, wasit membunyikan peluit tanda laga berakhir, dengan Borneo FC menang 2-1.

Kemenangan ini membawa Borneo FC naik ke posisi kedua pada klasemen sementara Liga 1 2022/2023 dengan raihan 7 poin, sama dengan Barito Putera yang masih bertahan di posisi puncak.

Jadwal Liga 1 2023-2024 selanjutnya, Borneo FC akan menghadapi PSIS Semarang pada 28 Juli 2023. Sedangkan Barito Putera akan menjamu Madura United pada 30 Juli 2023 mendatang.

Susunan Pemain

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Argawinata; Fajar Fathur, Diego Michiels, Silverio Silva, Leo Lelis; Hendro Siswanto, Kei Hirose, Adam Alis; Terens Puhiri, Jelle Goselink, Stefano Lilipaly

Pelatih: Pieter Huistra

Barito Putera (4-1-3-2): Ega Rizky; Bagas Kaffa, Renan Alves, Carli de Murga, Frendi Saputra; Bayu Pradana; Mike Ott, Makan Konate; Rizky Pora, Gustavo Henrique 'Tocantins', Murilo Mendes.

Pelatih: Rahmad Darmawan