In-depth

Profil Stadion Sriwedari, Calon Markas Persis Solo Hadapi Arema FC di Liga 1

Jumat, 21 Juli 2023 15:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion Sriwedari Solo jadi opsi utama venue Persis Solo vs Arema FC untuk pekan kelima Liga 1, 30 Juli mendatang. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion Sriwedari Solo jadi opsi utama venue Persis Solo vs Arema FC untuk pekan kelima Liga 1, 30 Juli mendatang. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo menjadikan Stadion Sriwedari sebagai opsi menjamu Arema FC di Liga 1 2023-2024 pada 30 Juli 2023. Apa istimewanya stadion termewah era-1930an ini? Berikut profil Stadion Sriwedari.

Stadion Manahan sudah tak lagi dikhususkan hanya untuk event olahraga. Mengikuti jejak Gelora Bung Karno (GBK), Stadion Manahan sudah 'welcome' pada event musik.

Pada bulan Juli ini, ada dua konser yang memaksa permukaan lapangan ditutup. Sebelum Dewa 19 manggung, sudah ada konser musik yang menghadirkan Tulus, JKT48 hingga Putri Ariani, 8 Juli  2023 lalu.

Kebijakan yang dibuat Pemkot Surakarta selaku pemilik dan pengelola Stadion Manahan memaksa Persis Solo harus mengungsi. Persis Solo tak bisa menjamu Arema FC di Manahan yang terjadwal pada 30 Juli atau H+1 setelah Dewa 19 konser.

Sisi negatifnya, Persis Solo bakal kehilangan potensi pendapatan bersih ratusan juta. Mereka juga tak bisa mendapat dukungan langsung dari suporter saat melawan Arema FC.

Namun, sisi positifnya, Persis Solo bisa bernostalgia dengan markas aslinya. Sejak dibangun pada 1930-an lalu, Stadion Sriwedari memang digunakan sebagai markas dari tim Persis Solo.