Liga 1

Persis Solo Tegas Soal Strategi Andalan, Leo Medina Bicara Pemain Kunci Madura United

Sabtu, 22 Juli 2023 21:07 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo bakal bermain menyerang saat menghadapi Madura United dalam lanjutan Liga 1 2023-2024. Francisco Rivera menjadi sosok kunci yang diwaspadai di Gelora Ratu Pamelingan, Madura, Minggu (23/7/23).

Persis Solo tak begitu peduli dengan statusnya sebagai tim tamu. Dalam skema permainan yang diusung pelatih Leonardo Medina, Laskar Sambernyawa selalu ingin menguasai bola dan menyerang

Perubahan skema bisa terjadi ketika sudah mencetak gol. Saat melawan Borneo FC, Persis Solo yang awalnya menurunkan empat penyerang bersamaan, langsung berubah jadi lima bek pada 15 menit akhir laga.

Rencana menjalankan pola yang sama ditegaskan Leonardo Medina. Sebagai pelatih yang sempat bertahun-tahun di Spanyol, ia senang ketika timnya bisa menguasai bola lebih lama.

Pola ini sudah dijalankan saat pertemuan pertama musim lalu di Pamekasan. Persis Solo mengakhiri laga dengan kemenangan 3-2.

"Kita mempersiapkan tim untuk menyerang karena kita harus menang. Jika kita ingin menang, kita harus kerja di menyerang, sesimpel itu," kata Leo Medina, Sabtu (22/7/23) sore.

Perjalanan menuju Pamekasan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tak ada pilihan lain selain menggunakan moda transportasi darat dari Kota Solo.

Namun begitu, Leo Medina memastikan para pemain memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan pertandingan. Persis Solo sudah tiba di Pamekasan pada Jumat (21/7/23) malam.

"Perjalanan memang berat karena cukup panjang, tapi kita punya cukup waktu untuk recovery. Kita datang ke Madura dengan 22 pemain. Kita mempersiapkan lebih sebagai antisipasi jika ada pemain yang tidak fit," ungkap Leo Medina.

Bagi Leo Medina, Madura United merupakan tim yang tak mudah dikalahkan. Laskar Sape Kerrab memiliki pemain-pemain dengan kualitas bagus.

Medina pun kemudian berbicara sosok Francisco Rivera. Pemain yang mencetak gol penentu kemenangan atas Persik Kediri ini sempat digosipkan bakal ke Persis Solo.

Gosip itu tak lepas dari statusnya sebagai pemain dari Meksiko. Leo Medina sudah mengetahui kualitas dari Rivera sebagai pemain penting di Madura United.

"Kita melihat banyak strategi dari Madura United. Mereka punya pemain dari Meksiko, sama seperti saya. Dia pemain yang bagus," ungkap Leo Medina.

Status Madura United sebagai pemain yang 'banjir' pemain berkualitas membuat absennya Fachruddin Aryanto tak bakal berpengaruh banyak. Ada beberapa nama yang bisa menggantikan Fachruddin, termasuk Jacob Mahler dari Singapura.

"Saya tidak memikirkan itu (jadi keuntungan), karena itu menjadikan kita tidak respect dengan kekuatan Madura United, seakan menjadi level yang berbeda. Mereka punya banyak pemain yang bagus," papar Leo Medina.

Ditambahkan kapten tim Persis Solo, Rian Miziar, para pemain dalam kondisi terbaik menuju laga keempat musim ini. Tim sudah fokus pada recovery setelah laga melawan Borneo FC.

"Kami datang jauh-jauh dari Solo tidak mau hal percuma. Kami fokus dengan apa yang dipersiapkan pelatih dan mengincar kemenangan di sini," tegas Rian Miziar.

Kehadiran Rian Miziar dalam sesi jumpa pers membuat satu tempat dalam strategi tiga bek menjadi miliknya. Kemungkinan besar Rian Miziar akan dipasangkan dengan Sutanto Tan dan Diego Bardanca.

Untuk Jaimerson Xavier yang pernah membela Madura United, bek asal Brasil masih absen karena pemulihan cedera. Jaime disiapkan untuk laga melawan Arema FC, 30 Juli 2023 mendatang.