In-depth

4 Pemain Berpotensi Dipanggil Timnas, Piala AFF U-23 Gembosi PSIS Semarang?

Minggu, 23 Juli 2023 19:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Paulo Domingos Gali usai mencetak gol ke gawang Persebaya pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Minggu (16/07/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Paulo Domingos Gali usai mencetak gol ke gawang Persebaya pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Minggu (16/07/23).

INDOSPORT.COM - Piala AFF U-23 2023 berpotensi menggembosi kekuatan PSIS Semarang di Liga 1 Indonesia 2023/24. Ada empat nama yang memiliki kans dipanggil timnas Indonesia dan Timor Leste.

PSIS mengawali Liga 1 musim ini dengan gemilang. Mereka mengumpulkan tujuh poin hasil dua kali menang, sekali seri, dan sekali kalah dalam empat partai awal musim.

Raihan tujuh poin dan surplus dua gol  menempatkan PSIS di papan atas Liga 1. Hanya saja, perjuangan PSIS berpotensi menemui rintangan pada Agustus nanti.

Indonesia sudah memastikan tempat di Piala AFF U-23 2023, setelah edisi sebelumnya absen karena ada Covid-19. Ada empat pemain inti PSIS yang berpotensi main pada ajang di Thailand, 17-26 Agustus 2023.

Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, belum berbicara banyak mengenai potensi tersebut. Ia masih memikirkan laga terdekat sebelum berpikir agenda bulan Agustus.

"Kami akan menunggu bulan depan, mungkin pemain lain yang dipanggil," kata Gilbert Agius.

INDOSPORT merinci potensi empat nama tampil di Piala AFF U-23 2023. Jika benar dipanggil, mereka akan absen pada laga melawan Persib Bandung dan Persik Kediri.

1. Adi Satryo

Adi Satryo merupakan nama terdepan dari PSIS Semarang yang berpotensi main di Piala AFF U-23 2023. Pada ajang SEA Games 2023 lalu, Adi Satryo menjadi kiper kedua setelah Ernando Ari Sutaryadi.

Jika melihat performa Adi Satryo dalam empat laga di Liga 1 2023-2024, Adi Satryo sangat mungkin bakal dipanggil Shin Tae-yong ke skuat timnas Indonesia U-23.

Dalam empat laga itu, Adi Satryo tampil luar biasa meski gawangnya sudah jebol lima kali. Salah satu penyelamatan yang dilakukan adalah menepis penalti pemain Persita Tangerang, Mateo Bustos.

Adi Satryo juga menjadi sosok penting dalam strategi Gilbert Agius. Dia merupakan satu dari sedikit kiper di Indonesia yang berani diajak passing dan melakukan build up serangan.