Liga 1

Aji Santoso Soroti Pertahanan Lesu Persebaya Usai Ditahan Rans Nusantara FC

Minggu, 23 Juli 2023 20:25 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya ditahan imbang Rans Nusantara FC 2-2 dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2023/24 pekan keempat di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Minggu (23/7/23).

Meskipun masih bisa meraih poin satu, Aji Santoso mengaku kurang puas. Dia merasa lini pertahanan timnya masih lemah, terutama di sisi kiri.

“Pertandingan sore ini, koordinasi pemain belakang kembali menjadi masalah, terutama sisi kiri,” kata Aji Santoso dalam sesi konferensi pers usai laga.

Dua gol yang dicetak Rans FC terlalu seharusnya bisa diantisipasi lini belakang Persebaya. Absennya Reva Adi Utama berdampak cukup signifikan.

“Masalah ini menjadi PR saya. Saya bisa memahami kekecewaan suporter. Mohon maaf belum bisa menang di dua pertandingan. Kami akan berusaha untuk mendapat tiga poin di laga-laga kandang berikutnya,” jelasnya.

Aji Santoso tak lupa menyampaikan terima kasih kepada para pemain yang terus tampil maksimal sepanjang 90 menit menghadapi Rans Nusantara FC.

“Saya sampaikan terima kasih pada pemain saya terutama di babak kedua yang begitu fight sehingga bisa menyamakan kedudukan. Tapi hasil seri ini bagi saya seperti kalah,” lanjut pelatih asal Kepanjen ini.

Hasil ini membuat peringkat Persebaya Surabaya naik ke posisi ke-10 dari sebelumnya urutan ke-15. Mereka memetik satu kemenangan, dua imbang, dan sekali kalah.

Permainan kurang memuaskan Persebaya ini sebenarnya sudah direspons Aji Santoso pada babak kedua. Dia memutuskan untuk mengganti sejumlah pemain dengan tujuan membenahi diri lebih baik daripada babak pertama.

Nah, salah satu pemain yang diganti Aji Santoso adalah Ze Valente dengan Toni Firmansyah pada menit ke-68 berhasil mengubah cara bermain.

“Babak kedua saya memasukkan Toni menggantikan Ze, lebih hidup karena memang dari awal babak pertama hingga kedua dia ditempel ketat pemain lawan,” ungkap Aji Santoso.

Alasan inilah yang menurut Aji Santoso lini tengah Bajul Ijo kurang berkembang pada babak pertama. Disinggung mengenai ada atau tidaknya permasalahan antarpemain Persebaya, sang pelatih langsung menampiknya.

“Sebenarnya enggak ada masalah dengan siapa pun. Lebih detailnya tanya ke Ze (Valente). Selama ini enggak ada masalah, semua baik-baik saja,” pungkasnya.