Liga 1

Bek Persita Christian Rontini Blak-blakan Bandingkan Kualitas Indonesia dengan Malaysia

Minggu, 23 Juli 2023 10:02 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon, Yudha Riefwan Najib | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Khairul Imam/Persija
Pemain Persita Tangerang, Christian Rontini banding-bandingkan Indonesia dengan Malaysia, usai laga Liga 1 2023/2024 melawan Persija Jakarta, Sabtu (22/07/23). Copyright: © Khairul Imam/Persija
Pemain Persita Tangerang, Christian Rontini banding-bandingkan Indonesia dengan Malaysia, usai laga Liga 1 2023/2024 melawan Persija Jakarta, Sabtu (22/07/23).

INDOSPORT.COM - Pemain Persita Tangerang, Christian Rontini, banding-bandingkan Indonesia dengan Malaysia, usai laga Liga 1 2023/2024 melawan Persija Jakarta, Sabtu (22/07/23).

Christian Rontini membahas kualitas yang dimiliki oleh Liga 1 Indonesia dengan Liga Malaysia, usai membawa Persita Tangerang menang atas Persija Jakarta di Indomilk Arena Stadium, 1-0.

Menurut Christian Rontini, kualitas Liga 1 Indonesia memang lebih baik jika dibandingkan dengan Liga Malaysia.

Hal tersebut dikarenakan setiap tim dalam Liga 1, khususnya musim ini, memiliki peluang yang sama untuk menang dari tim lainnya.

Sementara itu, hanya Johor Darul Ta'zim dan Selangor yang selalu memenangkan pertandingan di ajang Liga Malaysia.

Kendati demikian, Rontini mengaku jika organisasi yang mengatur regulasi kompetisi di Liga 1 Indonesia dan Malaysia tidak jauh berbeda.

"Saya telah membicarakan perbandingan Liga di Indonesia dan Malaysia di wawancara saya sebelumnya," ungkap Christian Rontini.

"Indonesia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan Malaysia, namun tidak jauh berbeda dalam hal organisasinya," tambahnya.

"Di Malaysia, lima tim teratas yang sangat kuat dan terorganisir sangat jauh berbeda dari sembilan tim lainnya. Hanya JDT dan Selangor yang selalu menang."

"Lalu, di Indonesia semua tim terorganisir dan setiap tim memiliki kesempatan untuk menang. Untuk itu, kita harus bekerja sekeras mungkin untuk bisa menjadi juara di turnamen ini," tegas Rontini.

Terbukti, Christian Rontini baru saja berhasil membawa Persita Tangerang mengalahkan Persija Jakarta di pekan ke-4 Liga 1 2023/2024.

Bahkan, Christian Rontini kini membuat pengakuan bahwasannya Persita Tangerang memiliki predikat yang sama dengan Persija Jakarta sebagai tim besar di Liga 1.

Kendati demikian, Christian Rontini mengungkapkan tetap ada perbedaan yang dimiliki antara Persita Tangerang dan Persija Jakarta.

"Persija dan Persita adalah tim besar dan ada perbedaan. Namun, saya pikir setiap laga itu penting," imbuh Rontini dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.COM.

"Tentu kami sangat senang, namun baru empat laga, dan musim masih panjang. Jadi, ini harus menjadi standar kami untuk berjuang lebih keras lagi," pungkasnya.