In-depth

Tabiat Mourinho Berubah, Cerdik Bikin Super Team di AS Roma Tanpa Uang Sepeserpun

Rabu, 26 Juli 2023 14:57 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Ciro De Luca
Jose Mourinho kala memimpin latihan para pemain AS Roma (17/05/23). (Foto: REUTERS/Ciro De Luca) Copyright: © REUTERS/Ciro De Luca
Jose Mourinho kala memimpin latihan para pemain AS Roma (17/05/23). (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

INDOSPORT.COM - Kebiasaan Jose Mourinho yang boros di bursa transfer mulai sedikit berkurang ketika menangangi Liga Italia (Seria A), AS Roma terutama sejak dalam dua musim terakhir.

Hampir seluruh klub-klub di Eropa saat ini masih disibukkan dengan aktivitas di bursa transfer untuk belanja pemain baru jelang kompetisi 2023/24.

Banyak pemain yang didatangkan dengan status yang bermacam-maca. Ada yang direkrut sebagai pemain baru, ada yang dipermanenkan dari masa pinjamannya, ada juga yang dipertahankan karena mendapat kontrak baru.

Salah satunya adalah AS Roma. Pada bursa transfer kali ini Serigala Ibu Kota sedikit lamban dalam pergerakannya. Sebab mereka baru mendatangkaN tiga pemain.

Mereka adalah Houssem Aouar dari Lyon, Evan Ndicka dari Eintracht Frankfurt dan Rasmus Kristensen dari Leeds United. Menariknya, mereka diboyong tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Ketiganya didatangkan secara gratis setelah kontraknya di klub lama berakhir, kecuali Krsitensen karena dia berstatus pinjaman.

Kebijakan transfer AS Roma itu cukup bertentangan dengan tabiat pelatih mereka, Jose Mourinho yang dikenal sebagai sosok 'pembakar uang' untuk urusan membeli pemain. 

Kebiasaan itu pernah dilakukan oleh Mourinho sebelum melatih AS Roma. Ia pernah memecahkan rekor transfer Chelsea (saat itu), ketika membawa Andriy Shevchenko dengan banderol 30 juta euro di tahun 2006.

Lalu di Manchester United juga ia mendesak manajemen untuk membelikan Paul Pogba dengan harga 100 juta euro dari Juventus. 

Dan, yang paling mengejutkan adalah ketika Mou memboyong Giovani Lo Celso ke Tottenham dengan biaya £55 juta pada 2019.

Ketika menangani AS Roma, sebenarnya kebiasaan itu ia lanjutnya di awal-awal kariernya. Mendapat dana belanja cukup besar untuk memoles tim.

Mourinho langsung belanja banyak pemain, di antaranya membeli Tammy Abraham dari Chelsea sebesar 41 juta euro.

Marash Kumbula 26 juta euro, Eldor Shomurodov 18 juta euro, Rui Patricio 12 juta euro dan pemain lain hingga melakukan pengeluaran total sebanyak 127 juta euro.

Namun, di musim berikutnya, Mourinho melakukan transfer irit dengan melakukan banyak transfer secara gratis untuk mendatangkan Nemanja Matic, Paulo Dybala, Andrea Belotti hingga Georginio Wijnaldum dengan status pinjaman.