Liga 1

Borneo FC Akui Berat Lepas Pato Jadi Tandem Eks Man United di Shandong Taishan

Kamis, 27 Juli 2023 16:56 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Dua pemain Borneo FC, M.Sihran dan Matheus Pato mempertanyakan keputusan wasit pada laga pekan ketiga Liga 1 2023/2024 melawan Persis Solo di stadion Manahan, Sabtu (15/07/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Dua pemain Borneo FC, M.Sihran dan Matheus Pato mempertanyakan keputusan wasit pada laga pekan ketiga Liga 1 2023/2024 melawan Persis Solo di stadion Manahan, Sabtu (15/07/23).

INDOSPORT.COM - Striker Matheus Pato resmi dilepas Borneo FC ke Shandong Taishan. Dia akan main bareng eks Manchester United, Marouane Fellaini, di klub Liga Super China tersebut.

Borneo FC, dalam rilis yang diterima INDOSPORT, secara resmi mengumumkan perpisahan Matheus Pato. Dia mengucapkan selamat tinggal usai pekan ke-5 Liga 1 2023/24.

Presiden Borneo FC, Nabil Husien Said Amin, mengaku cukup berat melepas Matheus Pato lantaran sudah menorehkan catatan positif di klubnya, tapi toh tetap harus dilakukan demi kebaikan dan karier sang pemain sendiri.

"Sangat berat melepas seorang pemain yang sudah menciptakan hal hebat bersama-sama selama berbaju Pesut Etam. Namun demi hal baik yang siap diukir Matheus Pato ke depannya di sana. Kami ucapkan good luck," kata Nabil Husein.

Sebagai informasi, penyerang berusia 28 tahun mengajukan permintaan transfer untuk menjajal tantangan baru bersama klub Liga Super China, Shandong Taishan. 

Bersama klub yang saat ini bertengger di peringkat keempat Liga Super China, Matheus Pato bakal bertandem dengan mantan gelandang Manchester United, Marouane Fellaini.

Proses transfer Pato dari Borneo FC ke Shandong Taishan menjadi sejarah baru bagi sepak bola Indonesia. Pasalnya, dia menjadi pemain klub Tanah Air pertama yang berpindah dengan skema transfer ke Liga Super China. 

Pato sendiri sebelumnya, bergabung dengan Borneo FC pada Mei 2022 untuk persiapan mengarungi Liga 1 2022-2023. Saat itu, dia didatangkan secara gratis karena sedang berstatus tanpa klub.

Pada musim pertamanya di Borneo FC, pemain asal Brasil ini menorehkan banyak hal hebat. Seperti menjadi top skor Piala Presiden dengan enam gol dan Liga 1 2022-2023 mengoleksi 25 gol.

Catatan tersebut, sekaligus menjadi rekor individu baginya di level klub, pasalnya dia mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak Borneo FC dalam 1 musim (25 gol). 

Selain itu, Pato juga mencetak hattrick terbanyak klub dalam semusim (3). Dia membawa Pesut Etam finis di posisi terbaik sepanjang sejarah klub, yakni peringkat keempat di Liga 1 musim lalu.

Pada kompetisi Liga 1 2023-2024, Pato kembali masuk dalam skema yang disiapkan oleh pelatih, sehingga pada tiga pertandingan awal dia langsung dipasang sebagai starter.

Sebagai pemain andalan Borneo FC, Pato kembali menunjukan ketajamannya sebagai seorang striker, pada tiga pertandingan Liga 1 2023-2024, dia berhasil menyumbang tiga gol.

Sehingga, memperkuat Pesut Etam, Matheus Pato total mendapat kesempatan bermain sebanyak 44 kali di semua ajang. Selain itu, dia juga mencetak 34 gol serta 4 assist.

Melihat catatan positif selama berkarier di Indonesia, tak heran jika Borneo FC cukup berat melepas Pato ke Shandong Taishan yang berlaga di Liga Super China.