Liga 1

Hasil Liga 1 Bhayangkara FC vs PSM Makassar Berakhir 0-0 Meski Diwarnai Penalti

Sabtu, 29 Juli 2023 20:54 WIB
Penulis: Martini | Editor:
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Hasil Pertandingan Liga 1 antara Bhayangkara FC vs PSM Makassar. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Hasil Pertandingan Liga 1 antara Bhayangkara FC vs PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan Liga 1 2023-2024 antara Bhayangkara FC vs PSM Makassar berakhir dengan skor 0-0, meski diwarnai sepak penalti.

Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (29/7/23) malam, Bhayangkara FC gagal meraih kemenangan perdana dan ditahan PSM Makassar tanpa gol.

Laga ini berlangsung sengit karena kedua tim sama-sama mantan juara Liga 1. Namun untuk saat ini, PSM Makassar lebih diunggulkan sebagai tim peringkat 10 besar.

Sementara Bhayangkara FC terbenam di dasar klasemen semnetara Liga 1. Kali ini pun Matias Mier dkk belum bisa menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Sepuluh menit pertama, PSM Makassar mendominasi di area pertahanan Bhayangkara FC. 

Namun berikutnya, giliran Bhayangkara FC menguasai laga. Matias Mier mendapatkan peluang emas di menit ke-12, hanya saja sepakannya masih melambung tipis di atas gawang.

Matias Mier lagi-lagi menciptakan peluang di menit 21 saat mengirimkan umpan pada Crislan Henrique.

Naasnya, hakim garis lebih dulu mengangkat bendera offside, walau dari tayangan ulang Henrique masih ada di posisi aman.

Kiper PSM Reza Arya dua kali melakukan kesalahan karena maju meninggalkan gawang, tetapi sundulan Anderson terlepas, dan serangan balik Dendy Sulistiawan juga meleset tipis.

Di kubu PSM Makassar, Victor Dethan jadi pembeda karena kerap menusuk pertahanan Bhayangkara, tetapi finishing yang dilakukan masih off target. Tak ada gol di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Bhayangkara FC masih mendominasi. Matias Mier kirim umpan pada Crislan Henrique dan dieksekusi dengan kaki kiri. Namun, Reza Arya sangat sigap menepis.

Pertandingan berjalan lebih alot, tetapi PSM Makassar bisa sesekali menyerang lewat kolaborasi Everton, Wiljan Pluim, dan Sayuri bersaudara, sementara Victor Dethan ditarik keluar.

Bhayangkara FC menyerang dari sisi sayap, dan bola berhasil disodorkan Crislan Henrique di depan gawang dan lepas dari kontrol Reza Arya. Sayang bola malah melambung ke atas.

Memasuki menit ke-72, Bhayangkara FC dapat mencuri momentum dan Sani Rizki Fauzi eksekusi bola ke gawang, naas bola memantul di mistar gawang.

Terjadi kontroversi apakah bola jatuh ke dalam garis gawang PSM Makassar atau keluar, tetapi wasit tidak menganggap hal itu gol. Skor masih 0-0.

Reza Arya bermain sangat apik dan mempunyai refleks yang bagus saat menahan laju bola Matias Mier yang tiba-tiba melakukan tendangan keras ke gawang.

Menit 83, Wiljan Pluim melakukan tarikan pada Crislan Henrique di kotak terlarang, hingga wasit menunjuk titik penalti. Matias Mier turun sebagai eksekutor.

Naas, Matias tidak menendang bola dengan keras sehingga gerakannya bisa terbaca Reza Arya. Bhayangkara FC gagal mencetak gol dan skor akhir 0-0 untuk kedua tim.

Dengan begitu, Bhayangkara FC masih belum meraih kemenangan hingga pekan ke-5, dan tertahan di dasar klasemen sementara Liga 1.

Susunan Pemain:

Bhayangkara FC (4-3-3): Awan Setho Raharjo (GK); Abdul Rahman, Anderson Salles, David Maulana, M Fatchu Rochman; Adam Najem, Mathias Mier, Reza Kusuma; Crislan Henrique, Dendy Sulistyawan, Martua Sandeni Sidabutar.

Pelatih: Emral Abus

PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya Pratama (GK); Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Victor Dethan, Akbar Tanjung, M Arfan, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento.

Pelatih: Bernardo Tavares