Bola Internasional

Jawaban Berkelas Gali Freitas usai Dituding Curi Umur dari 26 Jadi 18 Tahun

Minggu, 30 Juli 2023 22:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Instagram@ psisfcofficial
Pemain PSIS Semarang, Gali Freitas duel melawan pemain Borneo FC Kei Hirose di laga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Jumat (28/07/23). (Foto: Instagram@ psisfcofficial) Copyright: © Instagram@ psisfcofficial
Pemain PSIS Semarang, Gali Freitas duel melawan pemain Borneo FC Kei Hirose di laga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Jumat (28/07/23). (Foto: Instagram@ psisfcofficial)

INDOSPORT.COM - Jawaban berkelas Gali Freitas, pemain timnas Timor Leste dan tim Liga 1 PSIS Semarang saat dituduh mencuri umur dari 26 menjadi 18 tahun.

Paulo Domingos Gali da Costa Freitas merupakan pemain sepak bola asal Timor Leste yang bermain untuk klub Liga 1 PSIS Semarang. Saat ini ia baru berusia 18 tahun.

Menyebut nama Gali Freitas, banyak yang terkenang akan kasus pencurian umur yang menimpa dirinya, karena ia selalu muncul di timnas Timor Leste berbagai generasi.

Jika melihat paspor Gali Freitas, ia tercatat lahir pada 31 Desember 2004. Tetapi ada sumber lain yang menuliskan jika sang pemain adalah kelahiran 31 Desember 1996.

Gali Freitas debut di timnas senior Timor Leste pada gelaran Piala AFF 2018, artinya saat itu ia baru berusia 14 tahun, tetapi permainannya sudah sangat matang dan selevel dengan Evan Dimas dkk.

Gali Freitas juga sebelumnya tampil di Kualifikasi AFC U-16 2017. Saat itu ia berjumpa dengan Bagus Kahfi dkk. Gali mencetak gol, tetapi timnya harus menelan kekalahan di angka 1-3.

Tak ada yang menyangka, Gali Freitas yang awalnya membela timnas senior Timor Leste malah turun gunung di Piala AFF U-16 2019, dan melawan angkatan Marselino Ferdinan.

Saat itu Gali Freitas sudah bertato, bahkan dan terlihat lebih tua dari usia yang ia tulis, yakni 14 tahun. Sejak saat itu, ia pun marak disebut melakukan pencurian umur.

Saat berbincang dengan Youtuber Chandra Margatama, Gali Freitas mengaku memang nekat mengikuti seleksi timnas senior Timor Leste di usianya yang masih sangat belia.

"Betul, dulu itu ada seleksi untuk bergabung di timnas senior Timor Leste. Saya kan ada kualitas, walau masih kecil saya juga ada kualitas," ungkap Gali Freitas.