In-depth

3 Pemain Jepang Liga 1 Selain Taisei Marukawa yang Bisa Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Rabu, 2 Agustus 2023 12:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pemain PSIS Semarsang, Taisei Marukawa pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Minggu (16/07/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pemain PSIS Semarsang, Taisei Marukawa pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Minggu (16/07/23).

INDOSPORT.COM – Selain Taisei Marukawa, tiga pemain potensial asal Jepang di Liga 1 berikut layak dinaturalisasi dan perkuat Timnas Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Sejak datang ke Liga 1 pada musim 2021 lalu, penampilan Taisei Marukawa di kompetisi Tanah Air memang sukses menarik perhatian para penggemar.

Tampil bersama Persebaya di musim debutnya di Indonesia, Taisei Marukawa sukses mencetak 17 gol dari total 32 laga.

Penampilan apiknya bersama Persebaya membuat Marukawa diganjar gelar Liga 1 Best Player untuk musim 2021/22.

Sementara saat hengkang ke PSIS, performa winger berusia 26 tahun ini masih tetap apik dengan torehan 8 gol serta 11 assists dari 45 pertandingan.

Berbekal gemilangnya penampilan Marukawa ditambah kesetiaannya bermain di Liga 1, membuat sebagian fans Tanah Air berharap sang pemain bisa dinaturalisasi dan perkuat timnas Indonesia.

Apalagi dalam beberapa postingan di media sosialnya, Taisei Marukawa kerap kali menggunakan Bahasa Indonesia dan mengaku takjub dengan sepak bola Indonesia.

Andai benar mau dinaturalisasi, Taisei Marukawa setidaknya harus menunggu hingga lima tahun di Liga 1 agar bisa memenuhi persyaratan perpindahan kewarganegaraan.

Selain Taisei Marukawa, ada tiga pemain Jepang potensial lain yang mungkin bisa jadi opsi naturalisasi Timnas Indonesia. Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT merangkum:

Ryo Matsumura
Nama pertama adalah Ryo Matsumura. Gelandang yang baru didatangkan Persija ini mampu tampil apik dalam dua musim terakhir di Liga 1.

Sebelum hengkang ke Persija, gelandang berusia 29 tahun ini mampu mencetak 11 gol serta memberikan 6 assists dari 28 pertandingan buat Persis Solo.

Dengan kecepatan serta akurasi tembakan miliknya, Ryo Matsumura bisa jadi opsi buat lini serang Timnas Indonesia di masa depan.

Akan tetapi jika ingin dinaturalisasi, Ryo Matsumura harus bertahan di Liga 1 hingga tiga musim ke depan agar memenuhi syarat.

Sho Yamamoto
Berikutnya ada Sho Yamamoto. Winger milik Persebaya ini juga tampil menawan dalam dua musim debutnya di Liga 1.

Dalam dua musim memperkuat Persebaya, pemain kelahiran Kasukabe tersebut berhasil mencetak 10 gol serta 10 assists dari 41 penampilan di semua ajang.

Sama seperti dua pemain sebelumnya, Sho Yamamoto harus menunggu dan bertahan di Liga 1 hingga tiga musim kedepan untuk memenuhi syarat naturalisasi.

Kei Hirose
Terakhir adalah Kei Hirose. Gelandang pengangkut air asal Tokyo ini sudah tiga musim beruntun memperkuat Borneo FC di Liga 1.

Secara kualitas, Kei Hirose merupakan gelandang yang tak kenal lelah dalam melakukan marking serta pressing ke pemain lawan.

Jika ingin dinaturalisasi, Kei Hirose pun hanya butuh dua musim lagi untuk bertahan di Liga 1.

Andai terjadi, Kei Hirose yang akan berusia 29 tahun setelah jadi WNI tersebut bakal jadi kekuatan baru buat Timnas Indonesia.