Liga Italia

Resmi! Gianluigi Buffon Putuskan Pensiun di Usia 45 Tahun

Rabu, 2 Agustus 2023 20:29 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Indosport.com
Isu akan pensiunnya Gianluigi Buffon dalam dua hari terakhir akhirnya menjadi nyata. Ia resmi umumkan keputusan gantung sarung tangan pada Rabu (08/08/23) ini. Copyright: © Indosport.com
Isu akan pensiunnya Gianluigi Buffon dalam dua hari terakhir akhirnya menjadi nyata. Ia resmi umumkan keputusan gantung sarung tangan pada Rabu (08/08/23) ini.

INDOSPORT.COM - Isu akan pensiunnya Gianluigi Buffon dalam dua hari terakhir akhirnya menjadi nyata. Ia resmi umumkan keputusan gantung sarung tangan pada Rabu (08/08/23) ini.

Lewat akun media sosialnya, Buffon memastikan jika ia tidak akan bermain secara profesional lagi di 2023/2024 usai berkiprah di Pama, Juventus, Paris Saint-Germain, dan timnas Italia.

Pria 45 tahun asal Italia itu menyudahi karier panjang yang terbentang selama 28 musim baik itu di level klub maupun tim nasional dengan Parma jadi kesebelasan terakhirnya.

Tidak banyak yang Buffon sampaikan untuk mengiri penutupan kiprahnya di lapangan hijau. Hanya empat kalimat singkat yang ditujukan untuk fans dan semua pihak yang telah mewarnai perjalanannya di sepakbola.

"Demikian sudah para pemirsa sekali. Anda memberikan segalanya pada saya. Saya pun memberikan segalanya untuk anda. Kita sudah melakukannya bersama," begitu tulis caption Buffon dalam unggahan video yang menandakan ia bukan lagi penjaga gawang pro.

Pensiunnya Gianluigi Buffon sudah terprediksi sejak ia gagal mengantarkan Parma meraih promosi dari kasta kedua Liga Italia menuju Serie A.

Musim lalu ia berhasil membawa I Crociati finis di empat besar klasemen akhir Serie B yang memperbolehkan mereka ikut playoff menuju promosi.

Meski bukan lagi kiper utama karena harus berbagi menit bermain dengan Leandro Chichizola usai cedera panjang berulang kali, Buffon masih bisa bermain 17 kali di musim reguler dan sekali di playoff.

Sayangnya Parma justru tersingkir di semifinal usai kalah dengan agregat 3-2 dari Cagliari yang akhirnya mendampingi Frosinone dan Genoa ke level teratas Liga Italia.

Padahal skenario Buffon membawa Parma yang merupakan tim profesional pertamanya kembali ke kasta tertinggi akan jadi skenario pensiun ideal mengingat tim tersebut sudah sejak 2021 belum bisa lolos dari Serie B.