Liga 1

Situasi Berat PSIS Jelang Liga 1 Hadapi Madura United, Kehilangan 5 Pilar Penting

Kamis, 3 Agustus 2023 15:17 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pemain PSIS Semarsang, Taisei Marukawa dikabarkan akan absen karena cedera hamstring pada pekan keenam Liga 1 melawan Madura United di Gelora Bangkalan, Sabtu (05/08/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pemain PSIS Semarsang, Taisei Marukawa dikabarkan akan absen karena cedera hamstring pada pekan keenam Liga 1 melawan Madura United di Gelora Bangkalan, Sabtu (05/08/23).

INDOSPORT.COM - Situasi berat menimpa PSIS Semarang jelang laga pekan ke-6 Liga 1 Indonesia 2023/24 melawan Madura United di Gelora Bangkalan, Sabtu (5/8/23). Taisei Marukawa tak dibawa ke sana karena cedera hamstring.

PSIS sudah merilis 21 nama yang diberangkatkan ke Bangkalan, Kamis (3/8/23). Ternyata, ada tiga pemain asing yang dipastikan absen melawan Junior Brandao dkk.

Carlos Fortes masih absen karena menjalani sanksi dari Komdis PSSI. Sementara Vitinho dan Taisei Marukawa sedang dihantam cedera.

Cedera yang dialami Vitinho memaksanya beristirahat lebih lama. Lalu, Marukawa diketahui mengalami cedera hamstring yang membuatnya istirahat sepekan.

Selain tiga pilar asing, PSIS masih merelakan dua pemain lokal ikut Piala Panglima 2023, yakni Fredyan Wahyu dan Wawan Febriyanto. Sebagai anggota aktif TNI, mereka diwajibkan membela kesatuannya dalam turnamen tersebut.

Situasi sulit jelas akan dihadapi PSIS. Apalagi lima pilar yang absen sangat diandalkan dalam mencetak gol, terutama Carlos Fortes dengan koleksi 4 gol.

Sebagai opsi, PSIS masih menyertakan Rizky Dwi dalam 21 pemain yang dibawa ke Bangkalan. Ada pula nama-nama, seperti Muhammad Akrom, Gian Zola Nasrullah dan Riyan Ardiansyah.

Pelatih PSIS, Gilbert Agius, cukup yakin dengan skuat yang dibawa ke Bangkalan. PSIS sudah menyiapkan strategi untuk mencuri, minimal satu poin di markas Madura United.

Meski dengan situasi serba terbatas, PSIS masih yakin bisa mencuri poin. PSIS butuh poin tambahan agar tetap berada di papan atas Liga 1 2023-2024.

"Ini sudah sesuai dengan kebutuhan tim dan kami akan berjuang untuk mendapatkan hasil terbaik di Madura," ucap Gilbert Agius, Kamis (03/08/23).

Kerja dari Semarang

Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, meyakini para pemain yang diberi kepercayaan bisa menampilkan performa terbaik, sesuai keinginan Gilbert Agius.

"Targetnya tetap meraih hasil terbaik. Kami ingin jaga posisi di papan atas dan kami percaya siapapun yang main pasti akan memberikan yang terbaik untuk PSIS," ucap Yoyok Sukawi.

Tak ketinggalan, Yoyok Sukawi turut memberi pesan pada suporter. Yoyok berharap para suporter PSIS bisa memberikan dukungan dan doa, tanpa harus datang ke Bangkalan.

Yoyok Sukawi tak ingin PSIS kembali dijatuhi sanksi denda Rp25 Juta dari Komdis PSSI, seperti saat suporter tanpa atribut datang ke Stadion Maguwoharjo Sleman.

"Untuk suporter, kembali kami ingatkan untuk menahan diri tidak awaydays selama masih ada larangan dari PSSI. Karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Komdis bisa menghukum dengan bukti di media sosial. Dukung dan doakan PSIS dari rumah dulur-semua," ungkap Yoyok Sukawi.

Selama Gali Freitas dkk. berjuang di Bangkalan, tim yang bertahan di Semarang juga bekerja keras. Tim medis berupaya memulihkan Vitinho dan Taisei Marukawa.

Dokter tim PSIS, Radityo Haryo Yudhanto, mengatakan Vitinho perlu menepi lima pekan, sejak cedera yang dialami pada pertandingan melawan Persebaya Surabaya.

"Vitinho setelah mengalami pemeriksaan lanjutan ditemukan robekan parsial pada gastrocnemius muscle sehingga harus istirahat lebih lama sekitar lima pekan setelah dia mengalami cedera pada saat laga lawan Persebaya," ujar Radityo Haryo.

"Sedangkan Marukawa mengalami cedera hamstring pasca-pertandingan menghadapi Borneo FC sehingga harus rest satu minggu dan tidak bisa berangkat ke Madura," imbuhnya.

Pertandingan pekan keenam Liga 1 2023-2024 antara PSIS Semarang vs Madura United akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar pada Sabtu (05/08/23) pukul 19.00 WIB.